Deretan Negara dengan Teknologi Paling Maju di Dunia

3. canggih | Buliran.com

PERKEMBANGAN teknologi benar-benar meningkat selama dua dekade terakhir. Begitu juga dengan kebutuhan konsumen. Kehadiran teknologi kini mencakup hampir ke semua lini kehidupan manusia. Tak salah jika industri teknologi menjadi salah satu industri yang paling penguntungkan di dunia.

Menyadari peluang yang ada, banyak negara yang berusaha keras mengembangkan industri teknologi mereka. Bukan hanya untuk kebutuhan dalam negeri, mereka juga mengekspor produk inovatif mereka ke seluruh dunia.

The Richest menyebutkan 15 negara yang memiliki kemajuan teknologi paling tinggi di dunia. Yuk, lihat daftar negaranya.

15. Malaysia

3.15 Malaysia | Buliran.com

Meskipun terbilang pendatang baru di industri teknologi dunia, ternyata teknologi Malaysia sudah mendapat perhatian masyarakat internasional terutama dengan kehadiran Vitrox Corp, produsen semi konduktor dan microchip yang digunakan pada beberapa teknologi high-end yang berhasil menaikkan sahamnya sebesar 24 % pada tahun ini.

Selain itu banyak ahli yang memperdiksikan bahwa ekonomi digital akan menyumbang 20 % dari PDB ( Pendapatan Domestik Bruto) Malaysia pada tahun 2020 mendatang.

14. Perancis

3.14 Perancis | Buliran.com

Pada tahun 2016 saja Perancis sudah memiliki 96 perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Bahkan demi meningkatkan perindustriannya, Perancis kini menawarkan visa kepada siapapun yang bersedia mendirikan atau berinvestasi dalam teknologi di negaranya.

13.

Kecerdasan pemuda-pemudi Israel dalam pengembangan teknologi terutama inovasi terhadap aplikasi smartphone dan otomotif berhasil membuat negara ini menjadi salah satu negara yang patut untuk diperhitungkan.

3.13 Israel | Buliran.com

Bahkan pada Maret 2017 Israel berhasil merebut perhatian dunia ketika Intel membeli perusahaan MobileEye dengan harga 15,3 miliar dolar. Demi menyokong pembangunan di bidang teknologi ini, Israel telah menyediakan lebih dari 300 pusat penelitian dan fasilitas lain yang berhubungan dengan pengembangan teknologi.

Baca Juga   Pacu Performa Laptop Kalian dengan Penambahan RAM. Begini Caranya

12.

Pertumbuhan ekonomi Rusia yang sangat pesat merupakan salah satu prestasi besar negara ini. Di samping minyak dan gas, sektor teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu pendorong pembangunan ekonomi Rusia.

3.12 Rusia | Buliran.com

Sejak tahun 2000, perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini berkembang empat kali lebih cepat dari rata-rata kinerja ekomomi Rusia. Bahkan semua tahu tentang kemampuan hebat para hackernya.

11. Finlandia

3.11 Finlandia | Buliran.com
modern city diorama and wireless sensor network, sensor node and connecting line, information communication technology, internet of things, abstract image visual

yang dulu merajai pasar telekomunikasi di Indonesia ternyata berbasis di Finlandia. Jika dulu negara ini unggul dengan perangkat kerasnya, kini Finlandia lebih memfokuskan diri pada pengembangan perangkat lunak.

Salah satu andalannya adalah game mobile Angry Birds yang populer sampai saat ini.

10. Australia

3.10 Australia | Buliran.com

Terhitung dari tahun 2015, Australia berhasil menyumbang sekitar 5,1 % dari PDB yang berasal dari pasar digitalnya. belum lagi 22% dari tenaga kerja yang mereka miliki merupakan tenaga kerja ahli.

Jadi jangan heran jika banyak peusahaan teknologi terbesar di dunia melihat potensi dari pasar Australia dan mebuka kantor serta fasilitas penelitian di negara ini.

9. Swedia

Tak hanya Finlandia, Swedia juga terkenal dengan inovasinya di bidang teknologi ponsel. Bahkan keberhasilan perusahaan Swedia yang bergerak di bidang teknology ini memiliki andil besar dalam menyelamatkan Swedia dari krisis keuangan tahun 2008.

3.9 Swedia | Buliran.com

Jika dulu Swedia mengandalkan Ericsson dalam bidang teknologinya, kini ada Spotify, Skype dan Torrent, perusahaan yang menggunakan fleksibilitas internet untuk komunikasi dan berbagi informasi.

8. Kanada

Pada tahun 2016 saja sektor teknologi Kanada sudah menggungguli sektor keuangan dan asuransi negara ini. Bahkan Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi sudah menyumbang 117 miliar dolar dari 51 triluin dolar PDB negara ini.

Baca Juga   Serangan Terbaru: Malware "Daam" Mengintai Pengguna Android, Risiko Data Pribadi Terancam

3.8 kanada | Buliran.com

Kanada juga memiliki Silicon Valley di Kitchener dan Waterloo, pinggiran kota Toronto di mana perusahaan hardware dan pengembang software bekerja sama untuk menghasilkan aplikasi selular terbaru.

7. Inggris

3.7 Inggris | Buliran.com

Negara ini merupakan rumah bagi beberapa perusahaan teknologi terkemuka. Salah satu yang terbesar di antaranya adalah Sage, perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak akuntansi yang telah terjual ke seluruh dunia.

6. India

Mungkin kamu kaget melihat negara ini masuk dalam daftar negara dengan kemajuan teknologi paling tinggi. Jangan salah, India berhasil menghasilkan 160 miliar dolar hanya selama rentang waktu 2016 hingga 2017. Jumlah ini merupakan 10 % dari PDB negara ini.

3.6 India | Buliran.com

Salah satu perusahaan yang berhasil menorehkan kisah suksesnya dalah Infosys yang sekarang sudah beropesasi di seluruh dunia setelah memulai hanya dengan 250 dolar.

5. Cina

3.5 Cina | Buliran.com

Perusahaan perangkat keras seperti telah memulai serangan mereka di pasar smartphone, belum lagi Baidu, Google yang terus mendominasi pasar domestik dengan lebih dari 70 juta pengguna aktif. Ditambah lagi dengan kehadiran Alibaba, situs ritel yang menjual mulai dari barang elektronik hinggal layanan real estat.

Tak salah jika di tahun 2020 nanti Cina menargetkan 60% dari PDB berasal dari sains dan teknologi.

4. Jerman

Jerman mampu memimpin untuk urusan teknologi. Untuk penelitian dan pengembangannya saja Jerman menghabiskan sekitar 116 dolar atau setara dengan 3 % dari PDB-nya.

3.4 jerman | Buliran.com

Siemens adalah salah satu contoh perusahaan Jerman yang berkembang pesat. Siemens yang dulu terkenal sebagai produsen ponsel kini mengembangkan usahanya ke berbagai lini mulai dari transportasi hingga energi terbarukan.

3. Korea Selatan

3.3 korsel | Buliran.com

Bukan hanya terkenal dengan drama serinya, korea juga terkenal dengan teknologinya. Meski sempat menjadi salah satu negara miskin di tahun 1960, nyatanya negara ini mampu bangkit dan berkembang menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-14 di dunia. Hal ini tak lepas dari besarnya pertumbuhan teknologi negaranya.

Baca Juga   WhatsApp Uji Backup Cloud Terenkripsi di Android, Ingat Password Anda Guys !

Korea memiliki beberapa perusahaan teknologi paling sukses di dunia. Salah satunya adalah Samsung, perusahaan teknologi dengan penjualan sebesar 174 miliar dolar tahun 2017 .

2. Jepang

3. 2 teknologi milik jepang | Buliran.com

Jepang masih merajai industri teknologi Asia. Tak tanggung-tanggung, Pemerintah sengaja menginvestasikan 26 triliun yen pada tahun 2016 untuk perkembangan teknologi dan usaha kecil untuk lima tahun ke depan.

Nama Sony, Toshiba, Mitsubishi dan Panasonic tentu tak asing lagi. Mereka adalah daftar perusahaan ternama Jepang yang ikut meramaikan pasar teknologi dunia.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat dapat berbangga diri dengan 6,7 juta di industri teknologi yang mereka miliki. Sebuah laporan tahun 2015 menjelaskan bahwa 6% dari PDB negara itu berasal dari ekonomi digital, jumlah ini belum termasuk dengan jumlah yang didapat dari sektor teknologi lainnya.

3. 1 amerika serikat china dan india pimpin pengguna robot terbesar dunia | Buliran.com

Apple tentu saja memberi pengaruh yang signifikan untuk kesuksesan ekomomi negara ini. Pada tahun ini saja Apple mencapai level tertinggi di pasar sekitar 800 miliar dolar.

Sayangnya Indonesia belum masuk dalam lima belas besar negara dengan perkembangan teknologi paling tinggi ini. Menurutmu apa yang harus Indonesia lakukan untuk bisa menyejajarkan teknologi dari 15 negara di atas. Semoga di tahun mendatang, negara kita ada di daftar tersebut. ***