Budaya  

Suku Paling Populer di Dunia yang ada di Indonesia

6. Tari Pasambahan Suku Minangkabau | Buliran.com

KEBERADAAN negara Indonesia, tak hanya terkait dengan pariwisatanya saja. Namun ternyata budaya yang ada di Indonesia, cukup populer di dunia internasional.

Harus diakui juga bahwa Indonesia ini memiliki begitu banyak suku dengan kekayaan budaya dan tradisi-tradisinya itu. Jika dirunut, banyak sekali keunikan yang menjadi keistimewaan yang dimiliki bangsa ini, dan itulah yang membuat suku-suku bangsa di Indonesia sangat dikenal di dunia internasional.

Tanpa merendahkan dan tidak bermaksud untuk mengurangi rasa hormat editor Netralnews terhadap keberadaan suku-suku lain di Nusantara yang sangat banyak, kami dengan pertimbangan dan indikasi yang dapat dipertanggungjawabkan, mencoba memaparkan beberapa suku yang dapat dikatakan populer di dunia internasional.

1.Suku Jawa

Mengapa suku Jawa menjadi suku pertama yang masuk dalam skala kepopulerannya di mata dunia internasional?

Suku Jawa adalah satu suku Indonesia yang paling mendunia, karena suka Jawa merupakan mayoritas di Nusantara. Hampir di semua negara juga ada orang Jawanya. Suriname, misalnya merupakan sebuah negara yang dihuni oleh mayoritas orang-orang suku Jawa.

6.1 Suku Jawa 1 | Buliran.com

Selain itu, di dalam suku Jawa sendiri terkenal dengan banyaknya tradisi yang unik, -coba telusuri tradisi-tradisi wayang, tradisi yang adi di suku Tengger, atau di Badui dengan segala mistiknya, atau Reog Ponorogonya, Debusnya, dan lain-lain.

Semua itu yang membuat suku Jawa cukup populer di mata dunia dan menempati posisi pertama.

2. Suku Batak

Mengapa suku Batak? Juga kenapa suku Batak diposisikan sebagai yang ke-2 dalam posisi keterkenalannya di dunia internasional? Suku ini awalnya dipopulerkan di dunia sebagai suku yag hebat, karena berbagai faktor budayanya yang kaya dan unik, dengan kekayaan alamnya yang hebat.

Perkenalan suku Batak ke dunia internasional, pertama kali oleh Calvin Arlodien, kewarganegaraan Perancis. Suku Batak dikenalkan ke dunia internasional oleh Calvin itu dengan alasan kekayaan alam dan budayanya itu.

6.2 Suku Batak | Buliran.com

Awalnya memang Calvin melihat bahwa di Tanah Batak terdapat kekayaan alam, khususnya sebagai sumber tanaman obat-obatan.

Danau Toba, juga menjadi pertimbangan, kenapa suku Batak dikenal di dunia internasional. Danau Toba memang merupakan danau terbesar sekaligus terindah di Asia.

Hanya saja letaknya jauh dari pusat negeri inilah yang membuat pamornya kurang, terutama di Indonesia. Tetapi, keindahan Danau Toba dengan keragaman suku dan budaya yang menghuni di sekitar Danau Toba, membuat pamornya di dunia internasional sangatlah signifikan.

3. Suku Malayu

Suku yang berikut adalah suku Melayu. Kenapa? Ingat bahwa suku Melayu dijadikan Suku bahasa Wajib bagi bangsa untuk Menjajah Indonesia.

Awalnya suku Melayu dari Indonesia.Tetapi Suku Melayu ini banyak berpindah ke Kalimantan (MALAYSIA) yang dulunya Malaysia ini bersatu dengan Indonesia pada masa sebelum penjajahan.

Baca Juga   Balai Bahasa Sumatera Barat Terjemahkan dan Terbitkan 23 Kaba Minangkabau

6.3 Suku Malayu | Buliran.com

Meskipun Malaysia pecah dari Indonesia, Melayunya Indonesia tetap saja populer di dunia internasional.

Negara Jepang memiliki Perjanjian dengan Inggris. Bahwa Inggris menjajah Malaysia, dan Jepang menjajah Indonesia. Pada masa itulah suku Melayu tersebar ke seluruh Benua dari; Eropa, Asia, , , bahkan banyak juga yang hijrah ke Australia.

Suku Melayu ini bukan hanya di Kalimantan saja, tetapi bisa melingkupi suku-suku di Sumatera seperti Minangkabau, , Jambi, dan lain-lain. Banyaknya orang Melayu merantau ke berbagai negara lain membuat pamor suku Melayu mendunia.

4. Suku Betawi

Kenapa Betawi? Bukankah dari hari ke hari suku Betawi semakin tersisihkan dari Jakarta sehingga semakin keberadaan dan pamornya?

Suku Betawi dikenal dunia karena adat yang terlalu tebal. Memiliki rasa yang kuat untuk tidak menyerah.Suku Betawi pada masa penjajahan Belanda dan Jepang, memang sangat dikenal.

6.4 Ondel Ondel | Buliran.com

Berbicara tentang Indonesia dan Jakarta, pasti suku Betawi terbawa-bawa. Apalagi di Betawi terkenal dengan silatnya, dan budayanya yang sangat khas.

Artinya, meskipun keberadaan suku Betawi ini semakin tenggelam, karena digusur oleh kemajuan Jakarta, namun pamor Betawi tidak pudar di dunia internasional.

Salah satu kekuatan Betawi menjadi terkenal di dunia, karena letak ini ada di suku Betawi. Itulah yang membuat Betawi dengan segala kelebihan budaya yang dimilikinya menjadi terkenal.

5. Suku Asmat

Kok Papua dengan suku Asmat? Tidak heran bahwa suku Asmat merupakan salah satu suku yang memiliki cita rasa seni yang tinggi. Salah satu yang menjadikan suku ini begitu terkenal di dunia karena hasil-hasil seni yang mereka ciptakan dari kayu. Istilah Ukiran kayu yang sempurna pun tersemat pada suku Asmat.

6.5 Suku Asmat | Buliran.com

Selain itu, suku Asmat juga memiliki pakaian tradisional yang khas. Seluruh bahan untuk membuat pakaian tersebut berasal dari alam. Tidak salah jika menganggap pakaian Suku Asmat merupakan representasi kedekatan mereka dengan alam raya.

Tidak hanya bahan, desain pakaian Suku Asmat pun terinspirasi dari alam. Pakaian laki-laki Suku Asmat, misalnya, yang dibuat menyerupai burung dan binatang lain yang dianggap melambangkan kejantanan. Sementara, rok dan penutup dada kaum perempuan menggunakan daun sagu sehingga menyerupai kecantikan burung kasuari.

Papua menjadi terkenal di dunia internasional juga karena keadaan alamnya yang hebat, dan suku-suku primitif yang masih sangat unik.

Jangan lupa kalau gaung Papua di dunia internasional juga disebabkan oleh karena perusahaan pertambangan emasnya, Freeport

Baca Juga   Mau Kaya? Hindari Kebiasaan Berikut

6. Suku Dayak

Suku Dayak? Keren! Suku Dayak merupakan suku terbesar di pulau Borneo termasuk Indonesia, Malaysia dan juga Brunei. Selain suku Dayak terkenal dengan mistisnya, kebudayaan Dayak yang terkenal lainnya adalah budaya tato.

6.6 uku Dayak | Buliran.com

Di zaman Belanda, khususnya Jepang, suku-suku Dayak sangat ditakuti karena banyak tentara Jepang yang tewas dihajar oleh Panglima Burung, panglima yang paling ditakuti oleh Jepang, juga suku-suku lain di Indonesia, bahkan oleh suku Dayak sendiri.

Sejak saat itu, suku Dayak menjadi terkenal di mata dunia internasional. Kemudian, ditambah lagi dengan banyak keunikan suku Dayak, beserta kekayaan alam yang dimilikinya, membuat suku Dayak sangat ingin diketahui oleh dunia internasional.

Itu yang membuat dari hari ke hari, semakin banyak turis datang ke Kalimantan hanya untuk melihat budaya Dayak dengan segala keunikannya.

7. Suku Bali

Suku Bali (bahasa Bali: Anak Bali, Wong Bali, atau Krama Bali) adalah suku bangsa mayoritas di pulau Bali, yang menggunakan bahasa Bali dan mengikuti budaya Bali.

Beberapa hal yang membuat suku Bali terkenal adalah tradisi dan budayanya. Sudah lama Bali terkenal akan seni tari, seni pertunjukan, dan seni ukirnya.

6.7 Suku Bali | Buliran.com

Covarrubias mengamati bahwa setiap orang Bali layak disebut sebagai seniman, sebab ada berbagai aktivitas seni yang dapat mereka lakukan—lepas dari kesibukannya sebagai petani, pedagang, kuli, sopir, dan sebagainya—mulai dari menari, bermain musik, melukis, memahat, menyanyi, hingga bermain lakon.

Dalam suatu desa yang bobrok sekalipun dapat dijumpai sebuah pura yang indah, pemain gamelan andal, dan bahkan aktor berbakat. Bahkan sesajen yang dibuat wanita Bali memiliki sisi artistik pada jalinan potongan daun kelapa dan susunan buah-buahan yang rapi dan menjulang.

Menurut Spies seorang pengamat asing, seni tarilah yang membuat utuh kehidupan masyarakat Bali sekaligus menjadi elemen penting dalam serangkaian upacara adat maupun pribadi yang tidak ada habisnya.

Satu hal yang membuat Bali terkenal, tentu wisatanya, yang sering menempati posisi sebagai tempat wisata paling hebat di dunia.

8. Suku Minangkabau

Beberapa keunikan yang dimiliki suku Minangkabau yang membuat suku itu terkenal di dunia internasional, adalah dari sisi tradisi perkawinan dengan sistem matriakalnya. Di dunia ini, suku yang memiliki tradisi matriakal yang paling besar adalah Minangkabau.

Matrilineal merupakan salah satu aspek utama dalam mendefinisikan identitas masyarakat Minang. Adat dan budaya mereka menempatkan pihak perempuan bertindak sebagai pewaris harta pusaka dan kekerabatan. Garis keturunan dirujuk kepada ibu yang dikenal dengan Samande (se-ibu), sedangkan ayah mereka disebut oleh masyarakat dengan nama Sumando (ipar) dan diperlakukan sebagai tamu dalam keluarga.

Baca Juga   Ragam Rumah Adat Sumatera Utara

6.8 Suku Minangkabau | Buliran.com

Satu hal lain yang membuat Minangkabau dikenal adalah masalah rendangnya yang menempati posisi nomor satu sebagai masakan paling enak di dunia. Selain rendang, juga nasi Padangnya.

Rendang daging sapi yang tengah dihidangkan dengan ketupat, wow, enaknya. Dunia pun mengakuinya.

Di Malaysia dan Singapura, masakan Padang sangat populer. Belum lagi masakan lainnya yang khas antara lain Asam Pedas, Soto Padang, Sate Padang, dan Balado. Masakan ini umumnya dimakan langsung dengan tangan.

9. Suku Mentawai

Mentawai? Kenapa Mentawai? Suku Mentawai ditemukan di tahun 1621 oleh warga Belanda yang datang ke Indonesia.

Awalnya, masyarakat ini adalah penduduk Nias. Mereka bermigrasi menuju Pulau ini dan akhirnya tinggal disana. Dari waktu ke waktu, kehidupan mereka terisolasi dari peradaban luar hingga berabad-abad lamanya.

6.9 Suku Mentawai | Buliran.com

Kehidupan alam yang disajian dalam Taman Nasional Siberut menjadi gambaran kehidupan Suku ini. Mereka tinggal di rumah panggung yang dibangun dari kayu. Satu rumah panggung biasanya dihuni beberapa kepala keluarga. Hidup bersama dalam satu atap. Itulah yang membuat dunia kagum.

Karena terisolasi dari peradaban, masyarakat ini masih menanamkan tradisi turun-temurun dari leluhur mereka. Dengan bahasa, budaya, dan adat istiadat tersendiri dan berpaham animisme.

Pakaian mereka sendiri masih berbahan alami yakni dari kulit pohon untuk laki-laki dan rok dari daun pisang untuk wanita. Ciri khas suku ini yakni dengan tato di sekujur tubuh.

10. Suku Flores

Kok Flores menjadi sangat terkenal di dunia internasional saat ini? Ada apanya yang membuat suku ini semakin terkenal di dunia? Jawabannya, cukup banyak.

Sejak Pulau dengan biawak purbanya menjadi salah satu keajaiban alam di dunia, versi UNESCO, membuat pamor suku ini melesat dan menjulang ke langit biru, melebihi suku Bugis, Aceh, dan suku-suku hebat lainnya di negeri ini.

6.10 Suku Flores | Buliran.com

Untuk pariwisata yang membuat pamor Flores menjadi terkenal, sebenarnya juga karena ada danau Tiga Warna di gunung Kelimutu. Dikenalnya danau ini ke dunia, jauh sebelum terangkatnya Komodo yang baru beberapa tahun lalu. Namun dengan adanya Komodo, membuat pamor Flores bertambah hebat di mata dunia.

Yang juga membuat Flores dikenal oleh dunia internasional karena adanya kota wisata rohani yang ada di Larantuka, Flores Timur, dimana ada prosesi Jumat Agung, yang dari tahun ke tahun, semakin banyak wisatawan Eropa yang datang ke sana.

Jangan lupa bahwa popularitas suku Flores di dunia internasional, juga karena diperkenalkan oleh para pastor asal Flores yang menjadi misionaris di berbagai negara di dunia beberapa tahun belakangan ini. ***