Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha’apai, Gunung Berapi Bawah Laut yang Picu Tsunami di Tonga

Avatar Of Teddy Chaniago
2. Gunung | Buliran.com

GUNUNG berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai meletus pada Sabtu (15/1). Dikutip dari Tribunnews.com sebelumnya, letusan tersebut memicu terjadinya tsunami di Hawaii, Jepang dan pulau terbesar Tonga, Tongatapu.

Letusan pertama terjadi pada Jumat (14/1/2022). Kemudian, letusan kedua terjadi pada Sabtu (15/1/2022) pukul 17.26 waktu setempat yang kemudian memicu tsunami. Letusan gunung berapi tersebut mengeluarkan gumpalan abu, gas dan uap setinggi 20 kilomter ke udara.

Mengenal Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha’apai

Profesor Emeritus Richard Arculus dari Australian National University mengatakan, secara teknis, gunung berapi yang meletus di Hunga Tonga-Hunga Ha’apai diklasifikasikan sebagai gunung berapi bawah laut.

Dikutip dari ABC, gunung berapi tersebut berada di antara dua daratan, yakni Hunga Tonga dan Hunga Ha’apai. Sementara, lubang atau kawah gunung berapi berada di atas air.

2.1 Tonga | Buliran.com

Profesor Arculus mengatakan gunung tersebut cukup aktif dalam 15 tahun terakhir. Pada letusan tahun 2015, abunya memaksa beberapa maskapai penerbangan untuk membatalkan penerbangan masuk dan keluar dari Tonga.

Pada saat itu, ahli meteorologi Otoritas Penerbangan Sipil Selandia Baru Peter Lechner mengatakan kepada Radio Selandia Baru bahwa gunung berapi itu mengirimkan abu vulkanik lebih dari 9.000 meter ke udara.

Dia juga mengatakan gunung berapi itu pernah meletus pada 2009, 1988, 1937, dan 1912. Ketika gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha’apai meletus pada tahun 2015, para ilmuwan tidak memperkirakan massa daratan yang terbentuk akan bertahan lama.

Baca Juga   6 Kerajaan Ini, Masih Eksis di Indonesia