Jelajah Keindahan 9 Gugusan Terumbu Karang Terbesar di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Terumbu | Buliran.com

TERUMBU KARANG  yang ada di dunia memang merupakan salah satu harta karun terbesar yang dimiliki oleh laut. Selain menjadi rumah bagi habitat laut, beragam bentuk dan warna dari terumbu karang bisa dijadikan destinasi wisata untuk kamu jelajahi.

Untuk diketahui, sekitar 70% bagian di bumi  ini merupakan wilayah lautan yang memiliki luas wilayah sekitar 361,1 juta km². Hal ini karena pada mulanya, bumi memang terbentuk dan diliputi oleh lautan, sehingga bumi dikenal juga sebagai planet air. Laut di berbagai dunia ini pun dibagi menjadi 5 samudra, diantaranya Samudra Antartika, Samudra Arktik, Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Atlantik.

8. Terumbu | Buliran.com

Samudra-samudra inilah yang kemudian menjadi tempat tinggal beraneka ragam organisme atau spesies-spesies unik yang hidup di dalam laut, salah satunya adalah terumbu karang. Terumbu karang atau yang biasa disebut sebagai “Hutan Hujan di Laut” menduduki kurang dari 0,1 persen permukaan samudra di dunia, namun ekosistem terumbu karang mencakup hingga 25 persen dari seluruh spesies laut. Terumbu karang yang ada di seluruh penjuru dunia ini memiliki keindahannya yang menakjubkan, sehingga banyak sekali wisatawan khususnya pecinta olahraga snorkeling dan diving yang sengaja ingin melihat habitat laut yang hidup di kawasan terumbu karang

Di Indonesia sendiri tentunya memiliki gugusan terumbu karang yang menakjubkan dari laut Sabang hingga Merauke. Terumbu Karang yang terkenal diantaranya berada di Raja Ampat, Labuan Bajo, dan Wakatobi. Namun jika kamu memiliki kesempatan untuk berlibur ke luar negeri, kamu tentunya bisa menjelajahi keindahan berbagai gugusan Terumbu Karang terbesar di dunia. Penasaran apa saja? Simak informasi selengkapnya di bawah ini, ya!

Baca Juga   Guys, Anda Pemilik atau Pengguna Kendaraan Bermotor? Ayo Kenali Akronim dari STNK atau SKPD; PKB, BBN-KB dan TNKB