Deretan Kuda Pacu Bertenaga Super di Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
9. Balap Kuda | Buliran.com

3. Kuda Batak

9.3 Kuda Batak | Buliran.com

Tapanuli Utara menjadi tempat tinggal bagi kuda jenis ini terutama di sekitar Toba. Nama lainnya Batakker. Binatang ini biasa diekspor ke Malaysia, Singapura, dan Sumatera Timur tepatnya di Deli.

Memiliki tanda tubuh yang kecil. Tingginya 1,20 meter. Hidungnya panjang dan besar. Ekornya panjang. namun kepalanya sulit ditundukkan dengan baik karena kuduknya pendek.

4. Kuda Aceh

9.4 Kuda Aceh | Buliran.com

Nama lainnya kuda gayoe, sebab asal muasalnya dari daerah Gayoe, Aceh. Namun jenis ini juga tersebar di Toba, sehingga dijuluki kuda Batak juga.

Tanda dari hewan ini mempunyai leher yang pendek, namun punggungnya panjang. Kaki bagian belakang terlihat langsing. Tinggi tubuhnya berukuran 1,32 meter.

5. Kuda Flores

9.5 Kuda Flores | Buliran.com

Jenis kuda pacu di Indonesia ini mempunyai ukuran badan kecil. Akan tetapi hewan ini sangat jinak. Biasa diternakkan secara liar di alam bebas. Warna tubuhnya coklat kemerahan.

Warna tubuhnya coklat kemerahan. Kelangsungan hidupnya dengan mengawinkan kuda sandel khususnya di daerah Ende. Maka dari itu biasa dinamakan kuda sumba juga.

6. Kuda Sumbawa

9.6 Kuda Sumbawa | Buliran.com

Jenis ini berasal dari Nusa Tengga Barat. Mempunyai punggung melengkung. Ekornya panjang dan mempunyai rambut lebat. Hidungnya besar begitu pun dengan mulutnya. Warnanya cenderung terang dan gelap. Staminanya sangat baik dan mudah beradaptasi.

7. Kuda Sawu

9.7 Kuda Sawu | Buliran.com

Memiliki tinggi 113 cm dengan kaki yang kuat dan kuku yang baik. Hewan yang asli daerah Sawu ini banyak digunakan sebagai menarik barang berat.

Baca Juga   Anda Wajib Tahu Guys, Ini Daftar Negara di Dunia dan Ibu Kotanya