Deretan Kuda Pacu Bertenaga Super di Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
9. Balap Kuda | Buliran.com

TAHUKAH kalian binatang apa yang sampai sekarang tetap digunakan tenaganya sebagai sarana tranportasi? Ya, jawabannya kuda. Hewan genus equus ini memang banyak dimanfaatkan manusia dari zaman dahulu hingga kini. Selain digunakan untuk mengangkat barang, mamalia ini digunakan di pariwisata. Beberapa orang menggunakannya sebagai objek potret.

Anda pasti pernah lihat wisatawan yang mengambil gambar bersama binatang ini. Tidak hanya itu, bertahun-tahun lamanya hewan ini sudah dijadikan ajang kompetisi yang disebut pacuan kuda. Di Indonesia sendiri rupanya memiliki berbagai macam kuda pacu. Mau tahu kan?

Manusia menjadikan kuda sebagai balap lari karena mempunyai tenaga yang kuat dan super dalam berlari. Nama-nama kuda pacu diambil dari daerah asalnya. Berikut jenis kuda pacu di Indonesia:

1. Kuda Sumba (Sandel)

9.1 Kuda Sumba Sandel | Buliran.com

Jenis kuda pacu di Indonesia ini termasuk jenis kuda pacu yang asli. Berasal dari Nusa Tenggara Timur. Selain itu merupakan hewan pacu paling baik di negeri seribu pulau ini, dia dijuluki juga sandelwood poni.

Memiliki ciri-ciri tubuh yang kecil dengan sekitar tinggi 1,3 meter. Bentuk punggungnya pendek dan telinga kecil. Hewan ini daya tahan tubuhnya sangat kuat dan larinya kencang.

2. Kuda Jawa

9.2 Kuda Pacu Jawa | Buliran.com

Tubuh bagian belakang kecil dibandingkan dengan bagian depan. Meskipun bentuk tubuhnya kecil, hewan ini tahan terhadap panas. Selain itu kaki dan tubuh tidak seimbang dan kukunya lembek. Fisiknya cukup kuat. Tinggi badannya sekitar 1,15 meter.

Baca Juga   Deretan Sungai Terpanjang di Indonesia