Empat Merek Baru Ini Bakal Bersaing di Industri Otomotif Tanah Air

Avatar Of Teddy Chaniago
9. Mobil | Buliran.com

BAGI Anda penggemar otomotif, terutama mobil-mobil keluaran terbaru, siap-Siap, Berikut Empat Merek Baru Yang Bakal Ramaikan Pasar Mobil Tahun Ini di Indonesia.

Di tahun 2022 ini pasar mobil Indonesaia nampaknya akan semakin ramai, dengan adanya kabar akan hadirnya beberapa merek baru. Beberapa merek baru tersebut, kabarnya segera masuk dan berkompetisi di pasar mobil di Tanah Air.

Bahkan, ada merek yang sudah terang-terangan menyatakan akan meramaikan industri otomotif Indonesia di tahun ini. Apa saja merek mobil yang akan meramaikan pasar otomotif Indonesia tahun ini?

Silakan simak berikut daftarnya:

1. BYD

Kabar akan masuknya BYD ke Indonesia diungkapkan oleh Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Kukuh Kumara. Menurut Kukuh, brand asal China ini sudah menjalin komunikasi dengan GAIKINDO.

9.1 Byd | Buliran.com

“BYD berniat masuk Indonesia. Ini bukan hanya ingin mendapatkan penjualan tapi berminat melakukan produksi,” ujar Kukuh dalam diskusi virtual Desember lalu.

Namun, hingga kini pihak BYD belum memberikan pernyataan resmi terkait kabar tersebut. Jika nanti masuk ke Indonesia, BYD bersama Chery akan menambah jajaran mobil China di Indonesia, yang sebelumnya sudah diramaikan oleh DFSK dan Wuling.

2. Subaru

Nama Subaru mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Sebab merek asal Jepang ini pernah meramaikan pasar otomotif Tanah Air beberapa waktu lalu.

Sayang, saat itu pengelola sempat tersandung masalah pemalsuan dokumen impor, yang berujung pembekuan oleh Dirjen Bea dan Cukai pada 2014. Setelah itu merek Subaru secara perlahan tenggelam di Indonesia.

9.2 Subaru | Buliran.com

Berbagai produk yang masih tersisa di dealer disita untuk kemudian dilakukan lelang resmi sebagai dispensasi pengelola terhadap negara. Kali ini, Subaru hadir dengan Agen Pemegang Merek (APM) baru, yakni PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia).

Baca Juga   Awas Ketipu, Ini Tips Membeli Motor Bekas

Sebagai langkah nyata, Subaru Indonesia juga telah meresmikan dealer baru mereka di Alam Sutera, Tangerang, pada September 2021 lalu. Arie Christopher Setiadharma, Chief Operations Officer (COO) Subaru Indonesia, menyatakan pihaknya akan memulai penjualan di 2022.

“Perkiraan akhir kuartal satu atau awal kuartal dua tahun depan,” jelas Arie September lalu.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan sejumlah persiapan untuk dapat melaksanakan kegiatan bisnis serta memasarkan ragam produk Subaru di Tanah Air. Meski begitu, Ia masih enggan memberikan bocoran mengenai produk apa saja yang akan dipasarkan di Indonesia.

3. Ford

Sebelumnya, Ford pernah meramaikan industri otomotif Tanah Air. Ford yang kala itu berada di bawah naungan PT Ford Motor Indonesia (FMI) harus hengkang dari pasar Tanah Air pada 2016 silam.

9.3 Ford | Buliran.com

Di tahun ini, Ford hadir di bawah bendera baru, yakni RMA Group Indonesia yang akan melayani bisnis merek asal Amerika Serikat tersebut di sektor penjualan dan layanan purnajual. Beberapa model juga dikabarkan segera meluncur di Indonesia, sebut saja Ford Everest, Ford Ranger Raptor dan Ford Ranger Wildtrack.

4. Chery

Chery sejatinya pernah meramaikan industri otomotif Tanah Air pada medio 2006-2011 dan 2012-2016. Saat itu, Chery dinaungi oleh dua perusahaan berbeda, yakni PT Unicor Prima Motor (2006-2012) dan PT Chery Mobil Indonesia (2012-2016).

9.4 Chery | Buliran.com

Setelah 5 tahun hengkang, Chery telah memastikan akan kembali ke Indonesia. Saat ditemui tim GridOto.com Desember 2021 lalu, Chery memastikan bahwa perusahaan asal China tersebut akan mulai menjual produk di Indonesia pada 2022 ini.

“Tahun depan sekitar bulan Mei kami akan luncurkan produk untuk pasar Indonesia,” ucap Major Qin, Managing Director PT Chery Motor Indonesia (CMI).

Baca Juga   Siap Rusak Pasar Agya, Brio dan Jazz : Suzuki Siapkan Swift Sport

Ia juga menambahkan, ada 3 tipe yang akan diusung pabrikan berpusat di Provinsi Anhui, China ini, yakni Chery Tiggo 4 Pro, Chery Tiggo 7 Pro dan Chery Tiggo 8 Pro. Bahkan, pabrikan sudah mengkonfirmasi bahwa mereka akan ikut serta dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. ***