Cara Aman Mendirikan Tenda Saat Naik Gunung

  • Share
1. Wawan.jpg 1 | Buliran.com

BANYAK pendaki pemula yang meremehkan nasihat dari pendaki senior. Bahkan, menentukan lokasi, dan posisi tenda saja ngasal. Menurut mereka, “Tenda-tenda gue, ngapain lo sewot? Yang penting berdiri kan tendanya? Gue bisa tidur dengan pules. Titik. Gitu aja repot!”. Benarkah, semudah itu? Singkat kata, malam semakin larut dan cuaca berganti. Angin lembah mulai datang. Bergemuruh riang membelai ranting pohon.

Akhirnya, pendaki pemula yang memasang tenda asal-asalan terpapar hawa dingin yang dibawa oleh angin lembah. Hawa dingin tersebut menembus tenda, jaket hingga sleeping bag. Jika cuaca sedang tidak bersahabat, angin kencang dan badai akan menari di area perkemahan. Dengan begitu, tenda pendaki pemula yang didirikan asal-asalan bisa roboh diterpa badai.

Niat hati, ingin cepat istirahat dan tidur. Eh, malah harus keluar tenda buat benerin tenda. Kamu mau seperti itu? Tidak, bukan? Maka dari itu, kami akan membagikan tips mendirikan tenda di gunung untuk pemula yang kami sarikan dari Kang Wawan Setiawan, seorang pendaki senior dari Kota Depok, Jawa Barat. Dengan mempelajari tips ini, kamu dapat mendirikan tenda dalam posisi aman, kokoh dan anti-badai.

Berikut 10 tips mendirikan tenda di gunung:

10. 2 Tenda | Buliran.com

1. Carilah tanah lapang yang cukup luas untuk mendirikan tenda

Tips pertama yang akan kami bagikan tentang mendirikan tenda di gunung adalah memilih lokasi. Lokasi menentukan kenyamanan dalam mendirikan tenda.

  • Pertama, carilah tanah yang lapang dan cukup luas. Tanah yang luas akan memudahkan kamu memasang pasak, tenda dan peralatan masak. Tenda untuk 2 orang minimal butuh 2 x 2 meter. Tenda untuk 4 orang minimal butuh tanah lapang seluas 3 x 3 meter.
  • Kedua, pilih tempat ngecamp yang dekat dengan puncak. Jadi, kalau mau summit attack untuk mengejar sunrise dekat. Biasanya pendaki memilih ngecamp di post terakhir sebelum puncak.
  • Ketiga, pilih tempat yang agak jauh dari jalur pendakian. Lalu lalang pendaki yang berdatangan itu mengganggu waktu istirahat di dalam tenda. Jadi, pilihlah lokasi yang tenang dan agak jauh dari hiruk-pikuk pendaki.
Baca Juga   Althaf & Bintang Sabana, Tapaki Sepakbola dari Ayah Pendaki Gunung

Catatan: Sebaiknya sebelum mendaki, cari informasi terlebih dahulu tentang lokasi ngecamp. Minimal kamu punya 2 pilihan lokasi, karena kadang saat hari libur lokasi favorit ngecamp penuh. Otomatis, kamu perlu mencari lokasi alternatif. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa browsing catatan perjalanan pendaki di Google atau tanya-tanya petugas di pos pendaftaran.

  • Share