Ciptakan Leuwinanggung Bersih, Personil Linmas Diberdayakan Pungut Sampah

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Sanan.jpg | Buliran.com

BuliranNews, DEPOK – Berada di daerah perlintasan dan di perbatasan wilayah, persoalan sampah tentunya menjadi sebuah hal yang cukup menyita perhatian. Sebab, meskipun kepada warga setempat telah dimaklumatkan tentang sanksi dan ganjaran bagi mereka yang membuang sampah sembarangan, namun “sampah ekspor” menjadi sebuah kendala yang cukup sulit diatasi.

“Untuk masyarakat setempat, saya yakin tak ada lagi yang membuang sampah di jalanan. Sebab mereka telah diberikan arahan akan pengelolaan sampah dan juga sanksi bagi yang melanggar,” kata Lurah Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, Kota Depok, H Sanan Hidayat.

Berbagai program dan terobosan kata Sanan, telah dilakukan dalam menanggulangi masalah sampah tersebut. Mulai dari pembuangan sampah ke lokasi yang telah ditetapkan, membakar limbah sampah serta menghadirkan bank sampah.

“Yang terbaru, kami dari pihak kelurahan juga memungsikan personil Linmas untuk juga peduli dengan sampah,” jelasnya.

1.1 Sanan.jpg | Buliran.com

Personil Linmas tersebut, kata Pak Lurah, setiap Hari Minggu selepas Zuhur melakukan patroli sampah di jalan-jalan utama Leuwinanggung.

“Sampah yang ditemukan langsung diangkat menggunakan bak sampah yang ada di kelurahan. Dan alhamdulillah, kegiatan ini cukup efektif menekan tumpukan sampah yang sebelumnya cukup banyak ditemukan di jalanan utama Kelurahan Leuwinanggung,” imbuhnya.

Terkait pihak-pihak yang membuang sampah ke wilayah Leuwinanggung, Sanan mengharapkan kesadarannya untuk tidak melakukan hal serupa.

“Saya hanya bisa ingatkan kepada mereka yang telah semena-mena membuang sampah ke Leuwinanggung, bagaimana kiranya kalau ke lingkungan mereka juga ada yang membuang sampah,” katanya serius. (ted)

 

Baca Juga   Tahun Ini Kantor Lurah Baru Boponter Dibangun