Sukses di Arena, Sukses di Birokrasi. Siapa Mereka? Ini Daftarnya

7. atlet | Buliran.com
Filipino boxer Manny Pacquiao holds his championship belt as he arrives at the Manila International Airport in Manila on April 14, 2016. Pacquiao defeated Timothy Bradley Jr. of the US in Las Vegas, Nevada on April 10, 2016. / AFP PHOTO / NOEL CELIS

BANYAK atlet dunia bingung melanjutkan kariernya usai memutuskan pensiun dari cabang olahraga yang mereka geluti. Ada yang menjadi pelatih dari cabang olahraga yang mereka geluti, atau bahkan beralih 180 derajat dari profesi sebelumnya.

Terkait beralih 180 derajat dari profesi sebelumnya, ternyata ada beberapa mantan atlet dunia yang sukses berkarier di dunia politik. Sebab mereka memiliki intelegensia tinggi untuk menjadi politikus atau pejabat ternama.

Berikut ini 11 mantan atlet dunia yang sukses menjadi politikus/pejabat:

11. Imran Khan

7.11 iman | Buliran.com

Khan merupakan kapten Pakistan saat memenangi Piala Dunia kriket pada 1992. Ayah dua anak tersebut mulai turun di dunia politik pada 1996 dengan membangun baru. Pada pemilu 2013, Khan mendapat suara terbanyak di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa. Alhasil saat ini ia menjadi national assembly atau Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Khyber Pakhtunkhwa di Pakistan.

10. Arnold Schwarzenegger

7.10 Arnold Schwarzenegger | Buliran.com

Arnold dikenal sebagai atlet binaraga. Berkat turun di cabang olahraga tersebut, Arnold pun berkesempatan tampil di -film Hollywood. Ketenarannya pun mengantarkan Arnold menjadi Gubernur California periode 2003 hingga 2011.

9. Sebastian Coe

7.9 Sebastian Coe | Buliran.com

Coe meraih medali emas Olimpiade 1980 dan 1984 nomor 1500 meter. Pria yang kini berusia 59 tahun itu berperan atas terpilihnya Inggris menjadi tuan rumah Olimpiade 2012.

8. Jesse Ventura

7.7 Jesse Ventura | Buliran.com

Ventura dikenal sebagai atlet gulat. Pada 2004, Ventura masuk hall of fame World Wrestling Entertainment (WWE). Ia memulai karier politiknya sebagai Wali Kota Brooklyn Park, Minnesota pada 1991 hingga 1995. Bahkan setelahnya, ia terpilih menjadi Gubernur Minnesota mengalahkan kandidat dari Partai dan Republik

7. Garry Kasparov

Baca Juga   Mengenal Pulau-Pulau Terluar di Indonesia

7.6 Garry Kasparov | Buliran.com

Garry Kasparov merupakan pecatur nomor satu dunia dalam kurun 1986 hingga 2005. Ia meraih gelar juara dunia catur pertamanya pada 1985 atau ketika usianya masih 22 tahun. Usai pensiun dari dunia catur, ia terjun di arena politik. Bahkan Kasparov sempat ingin menyaingi Vladimir Putin sebagai Calon Presiden Rusia. Namun karena masalah teknis, Kasparov pun urung maju.

6. Jon Runyan

 

1. jon | Buliran.com

Sukses di ajang NFL bersama Houston Oilers, Philadelphia Eagles and Diego Chargers. Setelah sukses di salah satu cabang olahraga terpopuler di Amerika tersebut, Runyam terjun ke dunia politik. Ia terpilih sebagai anggota kongres wilayah New Jersey periode 2011 hingga 2015.

5 . Bill Bradely

 

1. bill bredley | Buliran.com

Meraih dua gelar juara NBA bersama Knicks dan memenangi medali emas Olimpiade bersama Timnas Basket Amerika Serikat. Setelah sukses di ajang basket, Bradely tiga kali menjadi anggota senator di Amerika.

4. Sanath Jayasuriya

7.8 Sanath Jayasuriya | Buliran.com

Salah satu atlet kriket tersukses Srilanka. Kesuksesan di ajang itu membuatnya terjun ke dunia politik pada 2010. Pada tahun yang sama, ia memenangi pemilu legislatif dari wilayah Matara, Srilanka. Bahkan saat ini, Sanath juga menjadi salah satu menteri di kabinet pimpinan Presiden Mahinda Rajapaksa.

3. Tiger Pataudi

7.9 Tiger Pataudi | Buliran.com

Pataudi menjadi kapten Timnas Kriket India dalam kurun 1952 hingga 1971. Berkat penampilan apiknya di lapangan kriket, ia sempat mendapat gelar pangeran dari kerajaan India. Namun karena ada perubahan konstitusi, gelar tersebut dicabut. Pataudi pun mencoba kembali mendapatkan gelar tersebut lewat jalur politik, namun selalu gagal.

2. Manny Pacquiao

7.10 Manny Pacquiao | Buliran.com

Salah satu tersukses karena dapat menjadi juara dunia di delapan kelas berbeda. Pacman –julukan Pacquiao– menjadi anggota Kongres sejak 2007. Pada Mei 2016, ia akan mengikuti pemilu untuk menjadi senator di Filipina. Demi melancarkan kariernya di dunia politik, Pacquiao pun memutuskan pensiun dari dunia tinju yang membesarkan namanya. Laga terakhir Pacquiao terjadi ketika mengalahkan Timothy Bradley dengan kemenangan angka mutlak, Minggu 10 April 2016 pagi WIB.

Baca Juga   Deretan Negara Penjajah di Dunia

1. George Weah

7.11 weah | Buliran.com

Menyandang gelar sebagai terbaik sepanjang masa dengan beragam prestasi, George Weah layak dikedepankan. Karena mantan striker Liberia tersebut adalah satu-satunya mantan atlet yang sukses besar saat pindah ke profesi lainnya.

George Weah adalah penerima penghargaan Ballon d'Or 1995 ddengan dua gelar bersama dan satu gelar Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain.
Saat ini Weah tercatat sebagai presiden. (*/ram/oks)