Dua Bulan Terakhir, Rush Puncaki Penjualan Mobil di Indonesia

  • Share
4. Rush | Buliran.com

TAHUN 2021 jadi momen menggairahkan bagi pasar mobil Indonesia. Pasalnya, di tengah efek domino pandemi Covid-19 yang menekan perekonomian, penjualan mobil tetap tumbuh.

Ini adalah sebagai dampak relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil. Fasilitas itu dimanfaatkan konsumen membeli mobil baru yang terdiskon hingga puluhan juta.

Meski, pasar mobil baru di Indonesia sebenarnya juga sulit ditebak. Persaingan posisi teratas sebagai mobil terlaris silih berganti.

Mitsubishi Xpander terbaru yang sempat masuk tiga besar mobil terlaris Oktober dan baru rilis model baru justru terlempar dari barisan 10 teratas mobil terlaris di Indonesia.

Persaingan memperebutkan mahkota mobil terlaris seluruh Indonesia memang terus memanas hingga penghujung tahun 2021. Nama yang semula tidak begitu diperhitungkan tiba-tiba muncul, bahkan berstatus sebagai mobil terlaris.

Adalah Toyota Rush yang memuncaki penjualan mobil terlaris RI selama dua bulan jelang akhir 2021. Dimana pada Oktober 2021 lalu, Rush menjadi raja wholesales atau penjualan pabrik ke diler sebanyak 5.312 unit. Sedangkan Xpander (termasuk Xpander Cross) hanya di posisi ketiga dengan 4.743 unit. Avanza dan Veloz bahkan berada di luar 10 besar mobil terlaris dengan menjual 1.701 unit.

Pada bulan November 2021, Rush juga menempati posisi pertama penjualan jika menghitung penjualan Avanza dengan Veloz secara terpisah. Rush berhasil menjual 6.285 unit, sementara Veloz berada di peringkat empat dengan 4.210 unit dan Avanza menjual sebanyak 3.946 unit. Xpander justru berada di luar 10 besar dengan hanya menjual 2.467 unit.

Baca Juga   Bermanuver dengan Mobil? Ini Tips Amannya
  • Share