Telaga Dewi, Sepotong Surga di Puncak Gunung Singgalang

11.5 telaga | Buliran.com

TAHUKAH kalian, Provinsi ternyata punya danau eksotis yang jadi kebanggaan warga sekitar? yang berada di ketinggian 2.877 mdpl ini, diberi nama .

Meski berada di puncak gunung, kelelahan kalian akan terbayar tunai dengan pemandangannya yang begitu mempesona dan jarang bahkan mungkin tak akan kalian temui di tempat lainnya.

11. telaga | Buliran.com

Telaga Dewi yang berada di puncak , merupakan salah satu destinasi yang cukup menguji adrenalin bagi kebanyakan pendaki. Jalur pendakiannya terus menanjak dan lembab, menyuguhkan tantangan tersendiri. Butuh waktu kurang lebih tujuh jam untuk mencapai puncaknya, menyesuaikan kondisi di lapangan.

Namun begitu sampai di tujuan, seluruh perjuangan kalian bakal terbayar tuntas. Hampir tiap sudut telaga ini nampak sangat memukau. Tak hanya indah, namun suasananya begitu hening.

11.1 telaga | Buliran.com

Buat kalian yang butuh tempat tenang dan sunyi, Telaga Dewi bisa jadi solusi tepat. Pas banget dijadikan lokasi alternatif, terutama jika kalian sedang butuh menenangkan pikiran. Atmosfernya relatif sepi dan tempatnya tidak dipadati terlalu banyak pengunjung.

Kalian juga bisa berkemah di sini lho. Rasakan sensasi dekapan udara dingin pagi hari, sambil menikmati secangkir minuman hangat. Apalagi jika kalian bersantai di tepi telaga, pastinya bakal jadi pengalaman liburan luar biasa dan sangat
menyenangkan.

11.2 telaga | Buliran.com

Gunung Singgalang dikenal memiliki suhu lembab dan dingin,. Cuaca di sini juga bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi jangan heran saat tengah asyik menikmati indahnya Telaga Dewi, lapisan kabut tebal akan datang menghampiri.

Namun jangan khawatir, fenomena alam ini justru akan menguak eksotisme lain Telaga Dewi. Pemandangan yang tercipta bakal bernuansa magis. Benar-benar serasa membawa kalian bertualang ke dunia lain.

Baca Juga   Melegenda di Betawi, Telur Gabus Jadi Cemilan Nusantara

11.3 telaga | Buliran.com

Selama berada di sini, jangan lupa kenakan jaket tebal. Jadi begitu kabut datang, kalian masih bisa tetap duduk nyaman di luar tenda sambil menikmati keheningan telaga. Agar lebih seru, kalian juga bisa membawa hammock untuk menikmati waktu santai.

Menjelajahi kawasan sekitar Gunung Singgalang dan Telaga Dewi, kalian akan mendapat ‘bonus' berupa kawasan hutan lumut nan eksotis. Tempat ini bakal kalian temukan beberapa ratus meter sebelum sampai di telaga. Pemandangan yang tersaji benar-benar menarik untuk disimak.

11.4 telaga | Buliran.com

Biasanya sejumlah pendaki sengaja berhenti di sini untuk beristirahat maupun sekedar berfoto dengan latar pohon lumut. Suasananya benar-benar terasa magis, bagaikan masuk ke dalam dunia dongeng.

Menuju Kawasan Telaga dan Gunung

11.7 hutan | Buliran.com

Buat kalian yang tertarik mampir ke sini, dari Bandara kalian bisa langsung naik transportasi umum dengan ongkos sekitar Rp20.000. Mintalah berhenti di depan gerbang masuk Kenagarian Pandai Sikek, sekitar 50 meter sebelum Pasar Koto Baru.

11.6 telaga | Buliran.com

Berikutnya, kalian tinggal ikuti jalur yang ada. Bisa dengan berjalan kaki atau memanfaatkan jasa ojek. Oh ya, sebelum bisa mulai trekking, kalian harus bayar biaya masuk atau simaksi sebesar Rp7.000 per orang.

11.8 hutan | Buliran.com

Itulah sedikit ulasan mengenai eksotisnya pemandangan di Telaga Dewi. Bagaimana, adakah di antara kalian yang tertarik mampir ke sini? Jangan lupa berkunjung jika kalian sedang menjelajah wisata Sumatra Barat ya. ***