Sungai Paling Tercemar di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Sungai | Buliran.com

SUNGAI bisa disebut cerminan atau etalase sebuah kota atau negara. Bila airnya bersih, kota tersebut memiliki tanggung jawab tinggi terhadap kebersihan.

Sungai rentan kotor karena banyaknya orang yang membuang sampah, limbah pabrik, dan lainnya. Jika sudah kotor, sungai dapat menjadi sumber penyakit bagi manusia.

Dilansir dari kanal Youtube Trending, berikut sepuluh sungai terkotor di dunia:

10. Sungai Matanza, Argentina

Sungguh sedih bila melihat sungai yang kotor, tapi begitulah kenyataan dari Sungai Matanza. Keadaan Sungai Matanza sangatlah menyedihkan. Sungai yang berada di Argentina ini dijuluki sebagai Slaughterhouse River. Kenapa? Itu karena banyak rumah-rumah yang dibangun dekat dengan sungai dan membuang semua sampahnya ke sungai.

10.10 Sungai Matanza Argentina | Buliran.com

Sejumlah sampah rumah tangga tersebut membuat air sungai menjadi tercemar dengan berbagai bahan kimia beracun dan logam berat. Beberapa contohnya seperti arsenik, krom, merkuri, zinc, timbal, dan tembaga. Di tahun 1993, presiden Carlos Menem menyediakan dana sekitar 250 juta USD untuk membersihkan Sungai Matanza, tapi hanya 1 juta yang tersalurkan dan sisanya dialokasikan untuk projek lain.

9. Sungai Amazon, Brazil

Semua orang tahu betapa besarnya Sungai Amazon dan berbahayanya sungai tersebut. Sungai tersebut menjadi tempat tinggal beberapa hewan cantik dan juga berbahaya. Sungai yang mengalir melalui Hutan Amazon tersebut berlokasi di Brazil. Tidak hanya populer karena ekosistem, Sungai Amazon juga populer karena tingkat polusinya yang di atas batas kewajaran.

Baca Juga   Krisis Chipset Semikonduktor Lambungkan Harga Laptop