Sungai Paling Tercemar di Dunia

SUNGAI bisa disebut cerminan atau etalase sebuah kota atau negara. Bila airnya bersih, kota tersebut memiliki tanggung jawab tinggi terhadap kebersihan.

Sungai rentan kotor karena banyaknya orang yang membuang sampah, limbah pabrik, dan lainnya. Jika sudah kotor, sungai dapat menjadi sumber penyakit bagi manusia.

Dilansir dari kanal Youtube Trending, berikut sepuluh sungai terkotor di dunia:

10. Sungai Matanza, Argentina

Sungguh sedih bila melihat sungai yang kotor, tapi begitulah kenyataan dari Sungai Matanza. Keadaan Sungai Matanza sangatlah menyedihkan. Sungai yang berada di Argentina ini dijuluki sebagai Slaughterhouse River. Kenapa? Itu karena banyak rumah-rumah yang dibangun dekat dengan sungai dan membuang semua sampahnya ke sungai.

Sejumlah sampah rumah tangga tersebut membuat air sungai menjadi tercemar dengan berbagai bahan kimia beracun dan logam berat. Beberapa contohnya seperti arsenik, krom, merkuri, zinc, timbal, dan tembaga. Di tahun 1993, presiden Carlos Menem menyediakan dana sekitar 250 juta USD untuk membersihkan Sungai Matanza, tapi hanya 1 juta yang tersalurkan dan sisanya dialokasikan untuk projek lain.

9. Sungai Amazon, Brazil

Semua orang tahu betapa besarnya Sungai Amazon dan berbahayanya sungai tersebut. Sungai tersebut menjadi tempat tinggal beberapa hewan cantik dan juga berbahaya. Sungai yang mengalir melalui Hutan Amazon tersebut berlokasi di Brazil. Tidak hanya populer karena ekosistem, Sungai Amazon juga populer karena tingkat polusinya yang di atas batas kewajaran.

Sungai Amazon kondisinya sangatlah kotor. Itu disebabkan sungai tersebut menjadi tempat pembuangan akhir dari berbagai sungai dari berbagai negara sekitarnya. Belum lagi ditambah dengan aktivitas penambangan yang dilakukan. Aktivitas penambangan ini menjadi penyebab utama kenapa Sungai Amazon bisa tercemar.

Baca Juga   Susanti Ndatapaka : Jemput Medali Emas ke Papua dengan Biaya Pribadi, Pulangnya Dijemput Pickup Usang

8. Sungai Doce, Brazil

Setelah Sungai Amazon, masih ada satu sungai lagi di Brazil yang masuk dalam daftar sungai terkotor di dunia. Sungai tersebut adalah Sungai Doce. Bila diartikan dalam bahasa Indonesia Sungai Doce berarti Air Manis. Tapi, julukan hanyalah julukan, jangan kalian benar-benar mencoba rasa dari sungai satu ini.

Sungai Doce adalah sungai yang kotor. Sungai ini mengalir melalui Tenggara Brazil sepanjang 853 km. Sungai Doce menyediakan air segar bagi daerah di Amerika Latin. Sayang, pada November 2015, dua buah dam bocor dan mengakibatkan sebanyak 60 juta kubik besi mengalir ke Sungai Doce. Sekarang, Sungai Doce mengandung tinggi akan logam berat.

7. Sungai Passaic, Amerika

Di sebelah Utara New Jersey, Amerika, mengalir sebuah sungai tenang, Sungai Passaic. Meski tenang, jangan mengira sungai ini adalah sungai yang bersih. Sungai Passaic adalah salah satu sungai terkotor di dunia yang berada di Amerika. Penasaran seberapa kotor kondisi sungai di New Jersey ini?

Sungai Passaic memiliki panjang mencapai 129 km. Dengan hilir di Mendham dan muara di Newark Bay, Sungai Passaic menderita kerusakan yang sangat parah. Sungai tersebut rusak diakibatkan polusi dari industri di abad ke-20. Bukannya tanpa usaha, pada tahun 2015, pemerintah Amerika mengeluarkan dana sebanyak 1,7 miliar USD untuk membersihkan sungai dari 4,3 juta kubik lumpur beracun yang terpendam dalam dasar Sungai Passaic.

6. Sungai Cuyahoga, Ohio

Kalian pernah mendengar ada sungai yang terbakar? Apa mungkin sebuah sungai bisa terbakar? Jawabannya adalah bisa. Tidak percaya? Mari kita simak Sungai Cuyahoga. Cuyahoga adalah sunagi yang terkenal dari Ohio karena sering terjadi kebakaran. Sungai tersebut sudah sering terbakar sejak tahun 1868.

Baca Juga   Produksi Obat & Vaksin Covid-19, Pfizer Untung Ratusan Triliun

Apa alasan sering terjadi kebakaran di Sungai Cuyahoga? Itu dikarenakan sungai tersebut mengandung polusi tinggi yang membuatnya mudah tersulut api. Mengalir melalui Cleveland, Cuyahoga menjadi tempat pembuangan sampah rumah tangga dan sampah industri. Meski kotor, masih ada beberapa kehidupan yang tampak di sungai tersebut.

5. Sungai Yellow, China

Kondisi sungai Yellow atau sungai Kuning di China sangatlah memprihatinkan. Sungai ini diberi nama Yellow karena air sungainya mengandung banyak sedimen berwarna kuning.

Diketahui Sungai Yellow saat ini sangat tercemar dan memicu berbagai masalah bagi penduduk China. Setiap tahun lebih dari 4 miliar ton sampah dibuang sembarangan ke Sungai Yellow.

4. Sungai Citarum, Indonesia

Ternyata, salah satu sungai di Indonesia, yakni Sungai Citarum dianggap sebagai salah satu sungai terkotor di dunia. Tingkat polusinya menempati posisi empat terkotor di dunia.

Sungai Citarum berada di Jawa Barat dan membentang lebih dari 321 km. Sungai ini menjadi bagian penting dari perekonomian di Indonesia, karena berfungsi sebagai sumber irigasi dari ribuan hektare agrikultur.

Kotornya sungai yang satu ini diakibatkan banyaknya yang membuang sampah termasuk pabrik yang sembarangan membuang limbah. Diketahui sekitar 2.000 ton sampah plastik melewati Citarum setiap hari.

3. Sungai Pasig, Filipina

Lagi-lagi dari Asia, kali ini Sungai Pasig, Filipina yang kondisinya sangat parah. Saking kotornya sungai ini, beberapa ekolog dunia menjuluki Sungai Pasig sebagai Sungai Mati meski panjangnya hanya 25 km.

Sungai Pasig dikelilingi sejumlah pabrik besar dan rumah warga. Mereka semua sudah terbiasa membuang sampah pabrik maupun sampah rumah tangga ke sungai ini.

2. Sungai Gangga, India

Sungai Gangga adalah sungai terbesar dan terpanjang di India. Meski digunakan untuk kepentingan agama, kebersihannya sangatlah buruk. Memiliki panjang 2.525 km, Gangga menjadi penyokong hidup sekitar 500 juta orang.

Baca Juga   Banjir Besar Lumpuhkan Bengkulu Tengah

1. Sungai Sarno, Italia

Siapa sangka negara maju, Italia ternyata memiliki sungai yang sangat kotor di dunia bahkan menempati posisi pertama.

Sungai Sarno yang membentang sepanjang 24 km sangat memprihatinkan dengan begitu banyak limbah beracun dan sampah yang membuat sungai yang tadinya indah ini tercemar. Sarno juga menjadi sungai paling tercemar di Eropa.***