Dapatkan 7 Manfaat Berenang untuk Kesehatan

  • Share
12. Renang | Buliran.com

RENANG merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang dapat melatih otot tubuh dan kekuatan jantung. Selain itu, berenang secara rutin juga dapat meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.

Tak heran bila berenang menjadi olahraga yang disarankan untuk menurunkan berat badan, terutama bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Selain itu, masih banyak manfaat berenang yang dapat diperoleh.

Berbagai Manfaat Berenang

Berikut ini adalah manfaat berenang yang dapat Anda peroleh, terutama bila dilakukan secara rutin:

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat berenang yang paling populer adalah menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga renang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

Dengan demikian, tidak hanya berdampak pada kesehatan jantung, berenang secara rutin juga baik untuk memelihara fungsi berbagai organ tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Membangun massa otot

Berbagai gerakan dalam olahraga renang menuntut hampir seluruh otot tubuh untuk bergerak melawan tekanan di dalam air. Hal inilah yang menyebabkan berenang dapat meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh. Berenang juga baik dilakukan untuk mengecilkan betis dan membuatnya tampak lebih kencang, serta membantu membentuk dan menguatkan otot dada.

3. Menurunkan berat badan

Berenang selama 1 jam dapat membakar sekitar 500–650 kalori. Oleh karena itu, berenang bisa menjadi olahraga pilihan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga   Mau Sehat? Ayo Manfaatkan Jahe
  • Share