Deretan Tanjakan Maut Paling Mengerikan di Indonesia

  • Share
10. Tabrakan | Buliran.com

SEBAGAI daerah yang didominasi daerah ketinggian dan pinggiran laut, tentunya rute tanjakan menjadi sebuah keniscayaan yang sering ditemukan di Indonesia.

Walaupun jalur tanjakan itu kerap menyajikan pemandangan yang luar biasa, namun tak jarang rute tersebut berubah menjadi jalur maut yang mengerikan.

Kondisi topografi alam yang memang sulit dan rawan, ada faktor-faktor kelalaian manusia (human error) serta kelayakan kendaraan yang berperan besar dalam menyebabkan tingginya angka kecelakan.

Bagaikan “ neraka” di jalanan, begitulah kira-kira ungkapan yang dapat menggambarkan betapa mengerikan dan berbahayanya beberapa ruas jalan di Indonesia ini. Berikut tanjakan maut yang memiliki catatan kecelakaan tertinggi di Indonesia.

1. Tanjakkan Mandalawangi, Banten

10.1 Tanjakkan Mandalawangi | Buliran.com

Tanjakkan yang berada di daerah Banten ini sudah lama dikenal sebagai tanjakan yang sering “ memanggil-manggil” korban. Setiap tahunnya selalu ada kejadian yang kecelakaan baik kecelakaan tunggal atau kecelakaan yang melibatkan beberapa kendaraan yang memakan korban jiwa. Daerah yang curam dan jalanan menanjak menjadi penyebab utama kegagalan kendaraan dalam melintasi tanjakkan ini.

2. Tanjakan Sitinjau Laut, Padang Sumatera Barat

Banyak orang yang ciut nyalinya, terutama mereka yang tak biasa melewati jalur pendakian yang menghubungkan Kota Padang–Solok Sumatera Barat ini. Kelok panorama, nama tanjakan panjang dan berkelok yang sangat curam dengan kemiringan 45 derajat ini sangat menakutkan.

10.2 Tanjakan Sitinjau Laut | Buliran.com

Apalagi jalur ini banyak diisi oleh kendaraan-kendaraan besar bertonase berat yang seringkali “ kehabisan napas” ditengah-tengah pendakian. Untung saja para pemuda setempat selalu siaga di tepi jalan untuk selalu membawa balok kayu sebagai ganjalan apabila terlihat ada truk atau bus besar yang gagal naik.

Baca Juga   6 Kerajaan Ini, Masih Eksis di Indonesia
  • Share