MU Menanggung Malu di Awal Tahun

2.1 MU | Buliran.com

, MANCHESTER– Klub paling sukses di blantikan persepakbolaan Negeri , harus menanggung malu. Di mana pada penampilan perdana di awal tahun 2022, mereka secara mengejutkan harus tumbang saat menjamu Wolves di Old Trafford, Selasa (4/1) dinihari.

Gol Joao Moutinho pada menit 82 menjadi biang kerok utama kekalahan perdana Manchester United di bawah asuhan Ralf Rangnick. Wolves selaku tim tamu akhirnya berhasil memastikan tiga poin setelah berhasil mempertahankan keunggulannya. Skor satu gol tanpa balas sudah cukup bagi Wolves untuk mengamankan tiga poin penuh dari markas Manchester United.

Bagi Manchester United, hasil tersebut tentu sangat mengecewakan apalagi mereka bermain di depan pendukungnya . Tak hanya itu saja, kekalahan melawan Wolves juga menahan laju Manchester United yang ingin kembali ke posisi lima besar.

Permainan kurang menggigit yang diperlihatkan Manchester United dalam laga ini memang cukup layak menggambarkan hasil akhir pertandingan.

Kegagalan Manchester United mencetak gol juga membuat mereka telah melakukan hal sama sebanyak empat kali di kandang sendiri musim ini. Sementara itu, Wolves justru panen rekor setelah mempermalukan Manchester United di Old Trafford.

2. MU | Buliran.com

Dilansir Opta, ada beberapa rekor dan catatan bersejarah yang mengiringi kemenangan Wolves atas Manchester United. Sebagaimana misal rekor yang diukir Joao Moutinho selaku aktor tunggal kemenangan Wolves.

Moutinho kini berhak menyandang status sebagai pemain tim tamu tertua yang mencetak gol kemenangan di Old Trafford dalam sejarah . Moutinho mampu melakukan hal tersebut tepat pada usianya yang telah menginjak 35 tahun 117 hari.

Tak berhenti disitu saja, Moutinho sekarang juga telah mencetak satu gol setiap musimnya bersama Wolves. Uniknya dari total empat gol yang telah diukir Moutinho diciptakan di luar kotak penalti. Termasuk dua gol diantaranya berhasil diukir Moutinho kala bermain melawan manchester United di Old Trafford.

Baca Juga   Enam Klub Sepakbola Ukraina Terdampak Invasi Rusia

Rekor lain yang diukir Wolves yakni soal keberhasilan mereka menjadi tim yang memenangkan 28 poin hanya dengan mencetak 14 gol saja. Catatan tersebut menjadikan Wolves sebagai tim dengan poin terbanyak dalam sejarah Liga Inggris yang hanya mampu mencetak kurang dari 15 gol.

Artinya total 14 gol yang diukir Wolves pada musim ini kebanyakan mampu berujung pada raihan tiga poin. Kemenangan melawan Manchester United dalam laga ini juga menjadi raihan tiga poin perdana Wolves dalam laga tandang melawan Manchester United sejak Februari 1980 silam.

Wolves secara brilian mampu mengakhiri 10 lawatan terakhir yang tak pernah menang ketika bermain di Old Trafford. Raihan tiga poin membuat Wolves naik peringkat ke posisi kedelapan dengan perolehan 28 poin, tepat dibawah posisi Manchester United.

Jalannya Pertandingan

Wolves memulai laga dengan baik dimana Trincao mencoba berlari ke kanan lalu menemukan Joao Moutinho. Hanya saja umpan silangnya berhasil digagalkan oleh McTominay.

Manchester United mencoba keluar dari tekanan lawan dengan lebih bersabar dalam membangun serangan. Para pemain Wolves tampak bermain cukup percaya diri, peluang didapatkan Podence yang mampu menembus pertahanan Manchester United. Namun, sepakan yang dilepaskan Podence berhasil digagalkan oleh De Gea.

Penyelamatan gemilang kembali dilakukan De Gea saat menghalau tendangan voli berbahaya dari Ruben Neves. Dominasi Wolves cukup merepotkan lini pertahanan Manchester United pada awal babak pertama.

Kerjasama apik antara Podence dan Jimenez menjadi ujian tersendiri bagi duet Jones bersama Varane. De Gea kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tembakan keras dari Semedo pada menit 18.

Jadon Sancho mencoba menusuk lini pertahanan Wolves namun masih belum berhasil. Pertahanan Manchester United benar-benar terkurung oleh para pemain Wolves yang bermain cukup agresif.

Baca Juga   Indonesia Superior di Thomas Cup dengan 14 Kali Juara

Wolves tercatat mampu melepaskan delapan tembakan ke gawang Manchester United hanya dalam waktu 20 menit pembuka laga. Memasuki menit 25, Podence kembali mengancam lewat pergerakan aktifnya. Beruntung, De Gea kembali mementahkan peluang Podence yang mampu melepaskan tembakan mengarah ke gawang tim Setan Merah.

Wan-Bisakka beberapa kali memberikan umpan silang ke tengah, namun umpannya kerap terlalu tinggi sehingga menyulitkan Ronaldo untuk menyundul bola.

Laga dihentikan sementara setelah Ruben Neves harus mendapatkan perawatan dari tim medis. Pemain asal Portugal itu terlihat mengalami cedera setelah bebenturan dengan McTominay.

Ronaldo dan Cavani masih terisolir karena minimnya pasokan bola yang mengarah kepada keduanya di lini depan. Manchester United pun tidak memiliki satupun peluang berbahaya yang mengancam Wolves pada babak pertama. Skor tanpa gol menjadi hasil babak pertama laga antara Manchester United kontra Wolves di Old Trafford.

Babak kedua dimulai, Manchester United harus mampu bermain keluar menyerang jika ingin menciptakan gol pemecah kebuntuan. Greenwood dan Sancho juga perlu meningkatkan performanya agar bisa bermain lebih tajam di sisi sayap.

Pada menit 47, umpan silang yang dikirimkan Sancho untuk Ronaldo masih bisa dihentikan oleh bek Wolves. Empat menit berselang, gantian Greenwood yang mencoba menciptakan peluang dengan melakukan cut inside lalu melepaskan tembakan. Sayang, tembakan yang dilepaskan Greenwood dari luar kotak penalti masih melambung tinggi di atas lapangan.

Efektifitas permainan menyerang yang diperlihatkan Wolves tampak lebih baik dari tim tuan rumah. Guna mempertajam serangan tuan rumah, Bruno Fernandes masuk menggantikan Greenwood tepat pada menit 59. Masuknya Bruno cukup membuat serangan Manchester United lebih bervariasi dalam laga ini.

Meskipun belum berujung pada gol, setidaknya Bruno telah menambah cita rasa serangan Manchester United yang tidak hanya bertumpu pada sisi sayap saja. Pemain asal Portugal itu mendapatkan peluang terbaiknya pada menit 68. Namun, tembakan yang dilepaskan Bruno hanya membentur mistar gawang dan belum mengubah skor.

Baca Juga   Ditinggalkan Messi, Blaugrana Mulai Merajut Mimpi

Untuk menambah daya dobrak serangan timnya, Rashford masuk menggantikan Sancho yang bermain lesu hari ini. Musibah malah menghampiri Manchester United ketika Joao Moutinho malah membuka skor laga setelah mengelabui De Gea.

Berawal dari pergerakan Adama Traore dari sisi kiri, ia mampu melepaskan umpan silang setelah mengelabui Luke Shaw. Bola pun terlihat masih aman sebelum sapuan sundulan yang dilakukan Phil Jones malah mengarah kepada Moutinho yang berada di ruang kosong.

Pemain asal Portugal itupun tak ingin mengonversikan peluang emasnya untuk merubah skor dengan melepaskan tembakan yang menghujam sisi kanan gawang De Gea. Wolves pun akhirnya mampu memecah kebuntuan dengan mencetak gol lewat Moutinho pada menit 82.

Tertinggal satu gol pada waktu krusial membuat Manchester United meningkatkan agresifitas serangan untuk menyamakan skor. Hanya saja berbagai usaha Manchester United harus menemui kegagalan, Wolves pun berhak keluar sebagai pemenang setelah mempermalukan tuan rumah dengan skor satu gol tanpa balas.

Starting XI Manchester United vs Wolves:

Manchester United:

De Gea; Wan-Bissaka, Varane, Jones, Shaw; Matic, McTominay; Greenwood, Sancho; Cavani, Ronaldo.

Wolves:

José Sa; Saïss, Coady, Kilman; Semedo, Neves, Moutinho, Marcal; Podence, Jimenez, Trincao. (*/tnc)