Tahukah Kalian Master Perang Gerilya Tersohor Dunia? Ini Daftarnya

  • Share
4. Gerilya | Buliran.com

PEPERANGAN ASIMETRIS alias tidak berimbang antar kedua belah pihak yang sedang berseteru memang jamak ditemukan dalam medan perang mana pun di dunia ini.

Contohnya saja saat invasi Amerika Serikat beserta sekutu ke Irak tahun 2003 silam. Di mana Negeri 1001 Malam dikeroyok dengan segala macam kekuatan militer raksasa dunia.

Hasilnya sudah bisa ditebak, kurang dalam satu bulan Saddam Husein beserta militer Irak disapu bersih Pasukan Koalisi yang dipimpin Negeri Paman Sam itu.

Nah, salah satu cara dalam menghadapi perang asimetris ialah dengan Gerilya. Gerilya sendiri adalah perang dengan kelompok-kelompok pasukan kecil yang menyerang secara Hit and Run ke posisi musuh yang rentan untuk diserbu.

Tujuannya untuk hasilkan kerusakan sebanyak mungkin kepada lawan dan seminimal mungkin mengalami kerugian di pihak kawan.

Terhitung taktik Perang Gerilya amat manjur dalam peperangan yang sangat tidak berimbang hingga melahirkan lima tokoh militer yang mahfum akan strategi perang ini. Siapa saja kelimanya, berikut kami rangkum dari wearethemighty.com dan DocsOnline :

5. Kim Il-sung (Korea)

Jika rakyat Korea entah Selatan dan Utara ditanya siapakah pahlawan dalam melawan pendudukan Jepang di sana pastilah mereka sepakat menyebut Kim Il-sung.

4.1 Kim Il Sung | Buliran.com

Kakek dari Kim Jong-un ini memang sangat getol membawa Korea merdeka kembali dari penjajahan Jepang sejak tahun 1910.

Mendapat ilmu kemiliteran di Whasung Military Academy tahun 1926, Kim muda langsung terjun melancarkan perang gerilya terhadap tentara Jepang.

Baca Juga   Pinisi, Sejarah Kehebatan Pelaut Nusantara
  • Share