Mengenal Road Model Mitsubishi Lancer Evolution nan Melegenda

  • Share
6. Le | Buliran.com

SIAPA yang tak kenal Mitsubishi Lancer? Mitsubishi Lancer adalah salah satu kendaraan unggulan Mitsubishi Motors sejak tahun 1970-an silam dan dikenal sebagai mobil sedan legendaris. Mobil ini telah terjual di seluruh penjuru dunia dalam jumlah lebih lebih dari 7 juta unit dan turut andil dalam membesarkan nama Mitsubishi di kancah industri otomotif dunia.

Jika Anda mengenal Mitsubishi Lancer pasti juga kenal dengan Lancer Evolution. Ini adalah versi lebih sporty dari Mitsubishi yang turut membesarkan nama Lancer berkat kiprahnya di ajang reli dunia (WRC).

Dari ajang WRC inilah lahir Mitsubishi Lancer Evolution pertama kalinya pada Oktober 1992 silam. Masuk ke dalam FIA Group A atau mobil reli yang berbasis dari mobil produksi massal. Saat itu untuk bisa ikut serta dalam WRC setiap pabrikan diharuskan memproduksi mobil balapnya untuk dijual kepada publik minimal 2.500 unit.

Sejak saat itulah Mitsubishi Lancer Evolution memulai kiprahnya di dunia otomotif hingga melahirkan sepuluh model Lancer Evolution yang melegenda. Bahkan banyak masyarakat Indonesia yang mengenal Mitsubishi Lancer dengan sebutan Lancer Evo, kependekan dari Evolution. Ini kisah Mitsubishi Lancer Evolution selengkapnya.

Lancer Evolution Generasi Pertama (1992)

Setelah target 2.500 unit Lancer Evolution produksi massal terpenuhi, maka kiprah Lancer Evolution ini pun dimulai. Saat itu banyak anggapan dari pabrikan mobil, di mana jika mobil produksi massal akan laris manis jika berhasil di ajang balap. Untuk membuat Lancer Evolution ini kompetitif, Mitsubishi Motors menggunakan bodi dari Lancer yang ringan dan kompak yang diracik dengan menggunakan mesin 4G63T dengan turbocharger yang berasal dari Galant VR-4. Dikombinasikan dengan penggerak 4WD fulltime yang sudah terbukti di generasi keenam Galant VR-4.

Baca Juga   Dihajar Banjir, Jembatan Muhara Lebak Patah Dua
  • Share