Binatang Liar, Salah Satu Hal yang Harus Diwaspadai Pendaki Gunung

  • Share
4. 4Wawan.jpg | Buliran.com

HUTAN atau gunung adalah tempat hidup dari banyak hewan liar, karena itulah sebagai penggiat alam bebas seyogyanya memperhatikan kondisi alam, mengantisipasi kecelakaan, dan perlindungan dari bahaya hewan liar demi keamanan dan keselamatan.

Wawan Setiawan, salah seorang penggiat olahraga naik gunung, bercerita bahwa binatang liar adalah salah satu hal yang wajib diwaspadai saat mendaki. Sebab, ada kalanya binatang tersebut akan menyerang jika keberadaan kita mengganggu ketengangan mereka.

4.3 Babi | Buliran.com

Pria berkaca mata ini menyebutkan, salah satu hal yang harus dilakukan agar terhindar dari ancaman binatang liar adalah dalam hal pemilihan lokasi camping.

“Sebisa mungkin bikinlah tenda di pos pos yang sudah ditentukan oleh pengelola, jangan terlalu dekat dengan sumber air. Selain itu, bersihkan sisa makanan dari plastik dengan memasukkannya ke dalam wadah yang tak mengeluarkan bau. Sebab, binatang sangat peka dengan aroma makanan,” ucapnya.

Hal lain yang bisa dilakukan agar tak memancing berdatangan binatang liar adalah dengan menaburkan garam di sekitar tenda.

Berikut tips aman dari binatang liar saat melakukan pendakian seperti diutarakan Wawan Setiawan selain tips di atas :

4.6 Wawan.jpg | Buliran.com

1.Jauhi hewan yang sedang bersama anaknya

Semua hewan liar umumnya akan menghindari manusia, kecuali jika merasa terpojok atau terancam. Salah satu hal yang bisa membuat hewan liar menyerang adalah ketika ia bersama anaknya. Naluri melindungi anak pada hewan begitu tinggi, begitu ia melihat ada manusia yang bisa mengganggu anaknya, secara alami ia akan lebih agresif untuk melindungi anaknya.

Baca Juga   Belanja Online dengan Sistem COD, Tolong Catat Plus dan Minusnya Guys
  • Share