Rumah Anda Banyak Semut? Begini Lho Cara Mudah Membebaskannya

  • Share

SEMUT yang berkumpul dan berkeliaran, sering kali membuat penghuni rumah terganggu. Meski ukurannya kecil, kehadiran semut-semut di bagian dalam rumah kadang bisa membuat frustasi. Tidak hanya mengganggu karena mengerubungi makanan, semut juga bisa memicu peradangan pada kulit karena gigitannya.

Agar semut tidak berkeliaran di dalam rumah, yang perlu dilakukan adalah membasmi semut atau paling tidak mencegahnya masuk ke dalam rumah.

Di pasaran memang mudah menemukan pembasmi semut. Namun sayangnya, pembasmi semut yang ada kebanyakan mengandung bahan kimia berbahaya. Karena itu ada cara lain yang lebih mudah agar rumah bebas semut.

Melansir Kompas Lifestyle, berikut adalah cara mencegah semut berkeliaran di dalam rumah.

1.Menggunakan jeruk
Semut membenci aroma buah jeruk yang kuat. Simpan kulit jeruk, lemon, jeruk Bali, dan jenis jeruk lainnya. Lalu taruh kulit jeruk di titik atau celah yang kira-kira semut akan muncul di sana.

2. Taburkan ampas kopi
Ampas kopi ternyata sangat bagus untuk mencegah munculnya semut. Cara menggunakanya untuk mengusir semut sangat mudah, cukup taburkan ampas kopi di titik masuk karena semut tidak suka menginjaknya

3. Pakai Minyak Peppermint
Bila semut ada di kamar mandi atau dapur, tuangkan sedikit minyak peppermint ke kapas dan taruh di sekitar ruangan. Aroma yang menyengat dapat membuat semut menjauh. Bisa juga meletakkan kapas beraroma peppermint di dekat tempat sampah, tumpukan kompos, atau taman.

4. Menggunakan kayu manis
Selain aroma peppermint, semut juga tidak suka aroma kayu manis. Letakkan kayu manis di sekitar area tempat semut masuk ke rumah seperti pintu, ambang jendela, lantai, pot bunga, dan celah kecil lainnya.

5. Teteskan cuka
Setiap hendak mengepel lantai, tambahkan sedikit tetesan cuka ke air atau larutan pembersih. Semut sangat tidak suka bau cuka. Cuka juga dapat digunakan untuk mengelap permukaan, membersihkan cermin (tanpa goresan), dan membersihkan gagang pintu.

Baca Juga   Mengetahui Lolos Kartu Prakerja atau Tidak, Begini Caranya

6. Buat semprotan lada

Sama seperti cuka dan kayu manis, semut tidak tahan dengan bau lada yang kuat. Karena itu untuk mencegah semut masuk ke dalam rumah, cobalah buat semprotan dengan cara mencampurkan lada dengan air. Kemudian semprotkan ke titik atau celah yang biasanya banyak semut.

7. Pakai kapur
Semut juga tidak menyukai goresan kapur karena aromanya mengganggu. Gambarlah lingkaran menggunakan kapur di sekitar tempat munculnya semut.

sumber : Kompas.com

 

 

 

  • Share