Gadget  

Nonton Video di HP Nyaman? Ini Rekomendasinya

Avatar Of Teddy Chaniago
15. Nonton | Buliran.com

APAKAH kamu merasakan kalau fungsi kamera mulai tergantikan dengan hape? Walaupun memang saat ini sedang populer kamera film, namun itu tidak mengubah kenyataan bahwa banyak video (malahan film) yang tercipta dengan sekadar bermodalkan hape.

Itu tidak mengagetkan mengingat teknologi kamera pada hape terus berkembang dan terus berupaya memberi jaminan kualitas gambar yang bagus. Satu fitur video yang saat ini populer di hape adalah optical image stabilization (OIS) atau stabilisasi gambar optik. Fitur ini membuat gambar yang kamu rekam menjadi stabil terus dan tak tampak bergoyang.

Tentu saja tidak semua hape menyediakan fitur ini. OIS seringnya dipasangkan pada hape dengan harga menengah ke atas. Oleh karena itu, kami memilihkan hape mana saja yang punya fitur OIS bagus dengan budget yang lebih terjangkau. Berikut ini adalah daftar HP termurah dengan fitur stabilisasi video.

1. Xiaomi Mi 10T Pro

15.1 Xiaomi Mi 10T Pro | Buliran.com

Mi 10T Pro adalah rekomendasi pertama paling ok untuk mereka yang menginginkan fitur OIS. Dengan budget sekitar Rp6,5 juta, kamu tak hanya mendapatkan fitur kamera canggih, tetapi sekaligus sinyal 5G dengan prosesor kelas atas Snapdragon 865. Kapasitas baterainya pun besar, yaitu 5.000mAh, membuatmu bisa lebih lama dalam merekam video.

2. Samsung Galaxy S20 FE

15.2 Samsung Galaxy S20 Fe | Buliran.com

Jika Galaxy S20 bisa mencapai harga Rp15 jutaan, maka seri FE ini akan memangkas pengeluaran itu hingga Rp6 jutaan bila yang kamu cari adalah fitur OIS-nya. Memang dalam kualitas lensa, FE masih kalah dengan versi originalnya. Akan tetapi kamu tetap bisa menghasilkan gambar video yang bagus bila kamu bisa menatanya dengan baik.

3. vivo V21

V21 adalah seri terbaru dari vivo. Akan tetapi kualitas kameranya sudah diakui oleh banyak orang di luar sana dan dirasa worth-it untuk dibeli.

Baca Juga   Ponsel Tanpa Charger Mulai Dijual Realme

17.3 Vivo V21 | Buliran.com

Di Indonesia sendiri, vivo V21 baru datang akhir Juni nanti dan untuk sekarang, kamu bisa memesannya lewat jalur pre-order dengan harga berkisar Rp4 jutaan. Kami merekomendasikannya mengingat ini hape baru yang sistem operasinya masih akan diperbarui dalam waktu lama.

4. iPhone SE 2020

Apabila kamu lebih menggemari produk Apple namun punya budget terbatas dan menginginkan fitur OIS, iPhone SE 2020 adalah pilihan terbaik. Harganya saat ini berkisar di angka Rp6 juta dan dipastikan akan mengalami pembaharuan sistem operasi yang lama.

17.4 Iphone Se 2020 | Buliran.com

Kamu pun bisa mengambil iPhone XR mengingat harganya juga tak jauh berbeda. Namun jika kamu mempertimbangkan masalah update sistem operasi, maka SE 2020 adalah juaranya.

5. OPPO Reno3 Pro

17.5 Oppo Reno3 Pro | Buliran.com

Agak sedikit susah mencari hape ini mengingat OPPO sendiri sudah menggantinya dengan seri-seri terbaru, seperti Reno4 dan Reno5. Tetapi kamu akan sangat beruntung bila berhasil mendapatkannya mengingat harganya bisa di bawah Rp4 juta dan sudah punya fitur OIS. Karena didesain untuk fotografi, kamu pun akan mendapatkan kamera yang menghasilkan kualitas gambar ciamik.

6. Samsung Galaxy A52

15.6 Samsung Galaxy A52 | Buliran.com

Galaxy A72 adalah pilihan terbaik dengan spesifikasi yang sangat ok. Namun mengingat harganya lebih tinggi dari A52, maka pilihannya jatuh kepada Galaxy A52. Dengan bermodalkan Rp5 juta, kamu sudah mendapatkan hape dengan layar AMOLED, RAM 8GB dan ROM 128GB, serta Snapdragon 720G yang mendukung fitur OIS.

7. POCO F3

POCO memang hape yang dirancang untuk fokus pada performa, bukan pada fotografi ataupun videografi. Kualitas kameranya tergolong biasa saja jika dibandingkan hape-hape lain yang bertaraf serupa.

15.7 Poco F3 | Buliran.com

Namun setidaknya dalam POCO F3, terdapat fitur OIS. Kalau yang kamu butuhkan hanya sekadar fitur tersebut dan tidak mempermasalahkan kualitas gambar yang dihasilkan, maka ambil saja F3 mengingat harganya di bawah Rp3 juta.

Baca Juga   Ponsel 5G yang Pas di Momen Lebaran

Apa yang membuatmu mempertimbangkan fitur OIS ini? Apakah kamu punya proyek membuat film atau suka membuat video? Ataukah hanya sekadar menginginkan saja? ***