Budaya  

Agar Kualitas Membatik Semakin Baik, Diharapkan Ada Pelatihan Lanjutan

Avatar Of Teddy Chaniago
4.1 Batik.jpg | Buliran.com

BuliranNews, DEPOK – Pelatihan membatik yang diselenggarakan Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, beberapa waktu lalu, telah membuka mata masyarakat setempat terutama peserta pelatihan, akan potensi batik yang ada di wilayah tersebut.

Selain batik dengan motif Gong Sibolong yang telah melegenda, ternyata pelatihan membatik yang diselenggarakan di Kelurahan Jatijajar, melahirkan motif baru yang tak kalah cantiknya yaitu motif kimpul dan jati jajar.

3.4 Lily.jpg | Buliran.com

Salah seorang peserta pelatihan, Euis R Kathrina, kepada BuliranNews mengatakan, pelatihan membatik yang dilaksanakan pihak kelurahan beberapa waktu lalu cukup efektif untuk membuka cakrawalanya tentang batik Jatijajar.

“Tiga hari saja pelatihannya, hasil yang didapat sangat bagus, karenanya kami berharap ada pelatihan lanjutan sehingga pemahaman kami tentang batik bisa semakin baik dan tentu saja, motif batik yang dihasilkan akan semakin banyak,” ucapnya.

4. Batik.jpg | Buliran.com

Tak hanya Euis yang berharap ada pelatihan membatik lanjutan, para peserta latihan membatik lainnya kata dia, juga berharap hal serupa.

Kasi Ekbang, Kelurahan Jatijajar, Andi Sunardi sebelumnya memang mengatakan kalau pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari, memang masih kurang dan terlalu singkat.

“Ya, kami memahami waktunya terlalu singkat,” ucapnya.

3.2 Lily.jpg | Buliran.com

Sebagai pihak yang menghadirkan pelatihan membatik, Andi Sunardi mengatakan akan mengupayakan ada pelatihan membatik lanjutan sebagaimana diharapkan peserta latihan membatik lainnya.

“Doakan saja, semoga ada pelatihan lanjutannya,” ucap Andi serius. (ted)

Baca Juga   PPSI, Pintu Masuk Tumbuh Kembangkan Budaya di Kota Depok