Pangek Sasau, Kuliner Khas Tepian Danau Singkarak

8.1 pangek | Buliran.com

selalu menyajikan hal menarik dan pastinya tiada dua di setiap sudutnya. Tak hanya pemandangan danau yang eksotik, namun juga wisata yang tak kalah menggoda di ujung lidah. Selain Bilih dengan rasa yang sangat khas, ada lagi masakan lainnya yang tak kalah menggoda untuk dinikmati, salah satunya Ikan .

Ikan pangek ini dapat Anda nikmati di tepian danau, terutama di kawasan Ombilin. Ikan Sasau merupakan ikan khas Danau Singkarak, yang tak hanya ikannya yang dimasak, namun juga telurnya. Ikan ini dimasak dengan cara di pangek atau memasak .

8.2 pangek | Buliran.com

Pangek Ikan Sasau tetap terasa nikmat dan segar kala dinikmati dengan nasi hangat. Ini karena cara memasaknya menggunakan rempah-rempah segar dan asam cermai atau asam kandis. Karena tidak menggunakan santan, maka masakan ini terasa lebih nikmat untuk dinikmati.

Adapun bahan yang digunakan dalam memasaknya yakni, cabe giling, jahe, lengkuas, kunyit dan daun kemangi, serai dan asam kandis. Masakan ini di masak dengan api kecil sehingga bumbu meresap ke dalam ikan itu sendiri.

8. sasau | Buliran.com

Pangek Ikan Sasau ini juga memiliki beberapa varian, yakni yangpakai campuran dan tidak pakai campuran. Jika tidak pakai campuran hanya ikan saja, sedangkan jika pakai campuran, biasanya dicampur dengan beberapa sayuran, seperti kol, kacang panjang, nangka muda dan ubi kayu.

Pangek Ikan Sasau pinggiran Danau Singkarak ini terkenal dengan Pangek paling gurih dan nikmat bagi pecinta kuliner. Jadi tak ada salahnya di hari terkahir ini Anda menikmatinya bersama keluarga sambil menikmati indahnya Danau Singkarak. ***

Baca Juga   Nasi Briyani, Khasnya Kuliner India