Berpolitik Secara Santun Ciri Kedewasaan Sebuah Bangsa

Avatar Of Teddy Chaniago
8. Uwoh | Buliran.com

BuliranNews, DEPOK – Eskalasi politik di penghujung tahun 2021 ini terus meningkat. Tak hanya jagad perpolitikan di pentas nasional, pun merembet hingga ke daerah-daerah.

Penyebabnya sudah dapat diduga, selain karena tahun pesta demokrasi 2024 sudah semakin dekat, juga mulainya partai politik dan sejumlah elit berebut pengaruh menghadapi pesta demokrasi tersebut.

Partai sibuk dengan kegiatan konsolidasi dan restrukturisasi kepengurusannya. Sebaliknya, elit politik yang namanya disebut-sebut akan bersaing di bursa calon presiden dan wakil presiden 2024 pun saling berebut panggung untuk pencitraan.

Bahkan, untuk sekadar memperlihatkan senyum dan program serta “niat” saja, postrer poster berukuran raksasa hadir di perempatan jalan utama, kampung bahkan pinggir hutan. Malah, sejumlah poster dan spanduk “pencitraan” hadir di lokasi bencana.

6. Uwoh | Buliran.com

“Semua itu sah sah saja dilakukan. Namun yang harus diingat, selalulah berpolitik secara santun. Karena ini ciri kedewasaan sebuah bangsa,” kata pengamat politik Kota Depok, Uwoh Pramijaya.

Menurut Uwoh yang selalu ogah saat diminta jadi calon anggota dewan ini, Indonesia telah mengalami berbagai situasi dan siklus perpolitikan yang harusnya lebih mendewasakan “para pemain politik”. Mulai dari masa Orde Lama, Orde Baru hingga ke Zaman Reformasi sekarang ini.

“Nah, kenapa tak kita ambil pelajaran dari perjalanan bangsa ini?” katanya balik bertanya.

Kedewaan berpolitik yang tercipta dari kesantunan, tentunya akan berdampak baik bagi partai politik dan juga elit politik bersangkutan. Sebab, hanya dengan cara seperti inilah, masyarakat akan menyandarkan harapannya untuk kehidupan yang lebih baik lagi.

Baca Juga   Prabowo : Gerindra dan Demokrat Punya Banyak Persamaan