“Rendang Lokan”, Rendang Khas Pesisir Barat Sumatera

  • Share
2. Rendang | Buliran.com

JIKA selama ini kita hanya mengenal rendang daging saja, maka datanglah ke wilayah pesisir barat Pulau Sumatera terutama di wilayah Pesisir Selatan di Sumatera Barat hingga daerah Muko-Muko yang secara administrasi masuk ke wilayah Provinsi Bengkulu.

Apa yang akan ditemukan? Yang akan Anda temukan adalah sebuah kuliner berupa rendang yang tidak menjadikan daging sapi sebagai bahan utamanya.

2.1 Lokan | Buliran.com

Lantas apa yang dijadikan bahan utama? Bahan utamanya adalah daging lokan atau tiram yang tentu saja berasal dari kerang yang memang banyak ditemukan di pinggir laut di wilayah tersebut.

Secara umum, bumbu untuk memasak rendang lokan sama dengan bumbu untuk memasak rendang daging. Dimana lokan tersebut dilumuri dengan bumbu rendang.

2.2 Rendang | Buliran.com

Berbeda dengan rendang daging yang mudah ditemukan bahkan ada di semua rumah makam, maka rendang lokan biasanya disajikan untuk upacara tertentu seperti lebaran, syukuran, lahiran, dan lain sebagainya.

Rasa rendang lokan sangat unik, mulai dari gurih, pedas, kenyal, dan ada rasa manis alami dari daging lokan itu sendiri. Rendang lokan yang sudah menjadi cokelat kehitaman biasanya memiliki rasa kaldu yang lebih kuat.

Dan yang terpenting, rendang lokan ini lebih sehat dari rendang daging. Karena lokan atau kerang merupakan sumber protein hewani yang lengkap dan mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat dibuat di dalam tubuh, sehingga mutlak harus berasal dari makanan.

Baca Juga   Tude Kuah Asam, Wow Segarnya Kuliner Manado
  • Share