Generasi Honda Civic dari Masa ke Masa

Avatar Of Teddy Chaniago
11.O Civic.jpg | Buliran.com

MOBIL HONDA CIVIC yang Anda temukan di dealer resmi Honda di Indonesia saat ini merupakan Civic generasi kesepuluh. lalu seperti apa sembilan generasi Civic lainnya yang pernah diproduksi oleh Honda?

Honda Civic merupakan mobil yang cukup populer bukan saja di Indonesia tapi diseluruh dunia. Civic tercatat pertama kali diperkenalkan Honda Motor Co. di Jepang pada Juli 1972.

Saat itu pabrikan Jepang ini memang bertekad untuk menawarkan “mobil untuk dunia”. Sehingga rancang bangun Civic diperhitungkan agar bisa dinikmati oleh semua konsumennya disetiap negara. Tak heran, Honda kini sudah sanggup menjual Civic ke 160 negara di seluruh dunia.

Sebagai model yang begitu berarti bagi Honda, maka Civic terus mengalami evolusi dari generasi ke generasi. Muncul perdana dalam bentuk hatchback 2 pintu, sejak awal Honda sudah merancang Civic sebagai mobil yang hemat bahan bakar namun menyenangkan untuk dikendarai.

Lalu seperti apa perjalanan Honda Civic dari generasi ke generasinya sampai yang Anda kenal sekarang melalui Honda Civic Turbo maupun Civic Type R. Berikut perubahan yang dialami Civic dari masa ke masa :

1. Civic Generasi Pertama

Mulai debut pada 1972, Honda baru resmi memasarkan Civic pada tahun 1973. Generasi pertama mobil ini menggunakan mesin 1.200 cc berpendingin air yang hemat bahan bakar, karena saat itu Amerika dan beberapa negara lain sedang mengalami krisis minyak mentah yang membuat harga bahan bakar menjadi melambung tinggi.

11.1 Honda Civic Generasi 1 | Buliran.com

Dan untuk pasar Amerika, Honda menawarkan pula Civic dengan mesin CVCC 1.500 cc. Civic generasi pertama ini bertahan hingga tahun 1979.

2. Civic Generasi Kedua

Di tahun 1980 Honda mulai memasarkan Civic generasi kedua. Modelnya masih hatchback tapi sudah menjelma jadi 4 pintu lantaran dimensinya lebih besar. Mesinnya ada yang berkapasitas 1.300 cc dan ada yang 1.500 cc.

Baca Juga   Cara Jitu Antisipasi Kemalingan Motor

11.2 Civic 2 | Buliran.com

Sedangkan pilihan transmisinya ada manual 4 percepatan, manual 5 percepatan, dan 1 semi otomatis. Di Indonesia generasi Civic ini dikenal dengan nama Honda Civic Excellent yang produksinya bertahan sampai tahun 1983.

3. Civic Generasi Ketiga

Di tahun berikutnya Honda menawarkan Civic generasi ketiga. Mesinnya berkapasitas 1.500 cc 4 silinder dan sudah menggunakan mesin D Series. Sedangkan untuk pasar lokal di Jepang,

11.3 Civic Generasi 3 | Buliran.com

Civic generasi ini memakai mesin 1.600 cc DOHC yang juga tersedia versi penggerak 4WD. Di Indonesia, Civic yang bertahan sampai tahun 1987 itu dikenal dengan nama Civic Wonder.

4. Civic Generasi Keempat

Generasi berikutnya dari Civic muncul di tahun 1988. Pada generasi keempat ini Civic berubah jadi berbagai tipe, ada hatchback maupun sedan. Mesinnya berkapasitas 1.600 cc karburator serta sudah menggunakan suspensi belakang model independen.

11.4 Geberasi 4 | Buliran.com

Untuk pasar di Eropa, Honda menawarkan Civic generasi keempat dengan mesin B16A 1.600 cc DOHC VTEC. Untuk yang versi hatchback dikenal dengan nama Civic Nova, sedangkan untuk yang tipe sedan di Indonesia dikenal dengan nama Grand Civic. Oh ya, CRX juga masuk dalam keluarga Civic generasi keempat ini.

5. Civic Generasi Kelima

Mulai tahun 1991, Honda menawarkan Civic generasi kelima. Desainnya sudah lebih membulat dibanding pendahulunya. Jenisnya juga ada yang hatchback (Honda Civic Estilo) dan sedan (Honda Civic Genio).

11.5 Generasi 5 | Buliran.com

Untuk generasi ini bertahan sampai tahun 1995, namun hingga sekarang masih banyak yang mencari kedua model Honda Civic bekas tersebut.

6. Civic Generasi Keenam

Di tahun 1996, Honda melahirkan kembali generasi Civic. Muncul dengan kode EK, di Indonesia model ini dikenal dengan nama Civic Ferio. Sayangnya meskipun di negara lain ada versi hatchback dan sedan, kebanyakan yang beredar di Indonesia hanya tipe sedannya.

Baca Juga   Dunia Otomotif Rusia dengan 6 Merek Mobil Utama

11.6 Generasi Enam | Buliran.com

Padahal di Jepang untuk generasi keenam ini mulai ditawarkan Honda Civic Type R yang menggunakan mesin 1.600 cc B16B. Terkenal sebagai mobil yang menyenangkan untuk dikendarai dan tetap irit bahan bakar walau usianya sudah lebih dari 10 tahun, harga Honda Civic generasi keenam ini masih cukup bertahan.

7. Civic Generasi Ketujuh

Memasuki tahun 2000-an, Honda merilis Civic generasi ketujuh dengan kode bodi EM, ES, EP dan EV. Model ini mendapat cukup banyak perubahan dari Civic Ferio, terutama ruang kabinnya yang dibuat lebih lapang.

11.7 Generasi 7 | Buliran.com

Mesinnya ada yang 1.500 cc D15, ada yang 1.600 cc D16, ada yang 1.700 cc D17, dan ada yang 2.000 cc K20 untuk Civic Type R. Pada model ini pula Civic telah menggunakan suspensi depan MacPherson strut.

8. Civic Generasi Kedelapan

Pada tahun 2006 sampai 2011, Honda menawarkan Civic generasi kedelapan yang juga dikenal dengan sebutan Civic FD. Pada model ini Honda banyak menawarkan teknologi baru, seperti panel instrumen digital.

11.8 Generasi 8 | Buliran.com

Walau di negara lain hadir pula dengan tipe hatchback maupun coupe 2 pintu serta Civic Type R, namun yang masuk ke Indonesia cuma tipe sedannya saja.

9. Civic Generasi Kesembilan

Di tahun 2012, Civic generasi kesembilan mulai dijual massal. Pilihan mesinnya 1.800 cc i-VTEC SOHC dan 2.000 cc i-VTEC SOHC. tetapi khusus varian Civic Type R generasi ini mesin 2.000 cc berkode K20 ditambahkan pula turbocharged Earth Dreams Technology.

11.9 Generasi 9 | Buliran.com

Di generasi ini Honda juga mulai menawarkan varian mesin hybrid pada Civic. Untuk generasi ini, Civic bertahan sampai tahun 2016.

10. Civic Generasi Kesepuluh

Sejak tahun 2016, Honda mulai memasarkan Civic generasi kesepuluh. Kehadirannya menandai 43 tahun keberadaan Civic di industri otomotif dunia. Pilihan mesinnya 2.000 cc i-VTEC DOHC dan 1.500 cc DOHC Turbo.

Baca Juga   Mengenal Sepeda Motor Honda dari Masa ke Masa

11.10 Generasi 10 | Buliran.com

Sementara untuk Civic Type R generasi ini memakai mesin 2.000 cc DOHC Turbo. Inilah Civic yang sekarang dipasarkan Honda di Indonesia, dan harga Honda Civic Type R menjadi model Honda termahal di Tanah Air.***