BKN : PPKM Turunkan Jumlah Pendaftar CPNS 2021

Avatar Of Teddy Chaniago
3. Cpns | Buliran.com

BuliranNews, JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahun 2019. Pada tahun ini, jumlah pendaftar CPNS baru 3 juta. Sedangkan pada 2019 sekitar 4,2 juta.

Direktur Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi ASN BKN Heni Sri Wahyuni menduga pengurangan itu dipengaruhi oleh kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sebetulnya kalau liat trennya ini berkurang sih dari penerimaan CPNS tahun sebelumnya. Tahun 2019 itu hanya CPNS saja pendaftarnya sekitar 4,2 juta. Kalau dilihat, karena ini PPKM, dan berdampak pada seluruh sektor,” ucap Heni dalam diskusi daring, Jumat (23/7).

Heni menilai, PPKM memengaruhi pelamar CPNS untuk mengurus berkas-berkas yang menjadi persyaratan. Ia mengakui pihaknya menemukan pelamar tenaga kesehatan yang sulit mengurus Surat Tanda Registrasi (STR) sehingga waktu si pelamar habis hanya untuk mengurus satu dokumen saja.

“Pelamar, khususnya tenaga kesehatan, karena mereka terkendala pada waktu akan menyelesaikan STR nya. Proses dan lain-lain itu yang kemudian sepertinya agak terdampak pada proses pendaftaran,” ucap Heni.

Heni menyebut kendala ini sudah berlangsung sejak dibukanya pendaftaran CPNS. Sehingga, pada 19 Juli lalu, pihaknya mengumumkan untuk menunda penutupan pendaftaran CPNS.

Diketahui, pendaftaran CPNS diperpanjang sampai 26 Juli mendatang lantaran masih ada sejumlah instansi yang sepi pelamar. Sebelumnya, pendaftaran ditutup pada 20 Juli.

Baca Juga   Pastikan Ketersediaan Stok Tabung Oksigen, Gubernur Bengkulu Sidak ke Lapangan