Ikon Wilayah Jangan Sebatas Wacana

  • Share
7. Abu | Buliran.com

BuliranNews, DEPOK – Bermunculannya produk kreatif dari sejumlah kelurahan di wilayah Kecamatan Tapos, merupakan sesuatu hal yang harus diapresiasi. Karena hal itu, sebangun dan sejalan dengan keinginan Pemkot Depok untuk menghadirkan satu produk unggulan dari setiap wilayah.

“One Village One Produck”, merupakan sebuah solusi yang harus dimunculkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui UMKM baik itu berupa kuliner, craft dan lain sebagainya.

“Namun yang harus diingat, jangan sampai ikon yang diangkat ke permukaan hanya sebatas wacana,” kata Camat tapos, Abdul Mutolib mengingatkan.

Konsep one village one produck kata Pak Camat, harus diartikan secara menyeluruh, dimana produk yang akan dijadikan unggulan haruslah memiliki ketersediaan bahan baku yang mencukupi, tenaga terampil yang membuatnya serta pemasaran sebagai out put dari sebuah produk.

 

1. Kimpul.jpg | Buliran.com
Ragam Kuliner Kimpul Khas Jatijajar

Kalau konsep itu tak dilakukan secara terstruktur, tentunya produk yang dihadirkan hanya bagaikan cendawan tumbuh dimusim hujan dan menghilang kala panas mulai datang.

Masyarakat ujar Pak Camat, harus benar-benar bisa memahami konsep tersebut secara maksimal. Sehingganya, ikon yang dihasilkan tak sebatas eforia dan justru merugikan mereka saat produk tersebut telah dibuat dalam jumlah banyak.

Pak Camat juga mengingatkan, setiap wilayah tak hanya dituntut menghadirkan sebuah produk unggulan di daerah mereka, namun juga harus menyiapkan produk pendampingnya. Sehingga saat ada yang berkunjung, yang dihadirkan tidak hanya satu produk saja. (ted)

Baca Juga   Masih Main Game Online? Sanksi Menunggu ASN dan PTT Kota Bengkulu
  • Share