Budaya  

Deretan Senjata Tradisional Paling Mematikan di Dunia

1. Karambit pencak silat | Buliran.com

TRADISIONAL paling mematikan yang ditakuti dunia mewarnai perjalanan sejarah suatu bangsa, tak terkecuali Indonesia. Senjata-senjata ini lazim digunakan saat , seperti saat para pejuang Tanah mengusir penjajah Belanda.

Secara umum, senjata merupakan alat yang digunakan untuk mekanisme pertahanan diri maupun menyerang lawan. Senjata sejak lama digunakan, selain sebagai pertahanan diri juga sebagai status sosial. Ibarat dua sisi , senjata dapat bermanfaat namun di sisi lain dapat mematikan.

1.

Senjata ini secara fisik menyerupai kuku harimau, ya tak salah. Karambit memang menjadi pelengkap yang biasanya digunakan para pendekar terutama di tanah Minang.

1.1.1 karambit | Buliran.com

Teksturnya yang melengkung runcing, sangat mematikan saat dipergunakan. Apalagi, dengan tujuh kandungan logam yang ada didalamnya, karambit menjadi andalan untuk digunakan melawan orang yang kebal dengan benda tajam.

2. Bambu Runcing

1.2. Bambu runcing Monumen Jogja Kembali | Buliran.com

Bagian ujungnya yang runcing mudah menembus kulit musuh, bahkan mengoyak daging. Sekalipun korbannya masih hidup, luka yang diakibatkannya sulit disembuhkan. Selain itu terkadang di ujung lancipnya dibubuhi racun mematikan.

3. Chakram

1.3. Chakram | Buliran.com

Berasal dari India, chakram mempunyai ukuran beragam, mulai dari 12 sampai 30 sentimeter dengan diameter 20 cm. Biasanya chakram digunakan dengan dilempar secara vertikal.

4. Zweihander

1.4. Zweihander | Buliran.com

Pedang ini diciptakan pertama kali ketika Perang pada 1494. Pengguna wajib memegang dengan kedua tangan supaya efek ayunannya lebih maksimal. Konon, pedang Zwihander mampu memotong leher 7 orang sekaligus dalam sekali tebasan.

5. Kyoketsu-Shoge

1.5 Kyoketsu Shoge | Buliran.com

Kyoketsu-shoge mirip dengan celurit dengan dua bilah. Bentuknya ada yang lurus dan melengkung. Kyoketsu-shoge juga dikaitkan dengan tali tebal yang terhubung dengan lingkaran seperti cakram.

Baca Juga   Hanya Jatijajar yang Selenggarakan Pesta Seni & Budaya

6. Atlatl

1.6 senjata atlatl 5 ist | Buliran.com

ini merupakan alat pelempar batu, tombak, atau panah yang biasa digunakan bangsa Aztec di Meksiko. Namun biasanya senjata tradisional ini dipasangkan dengan panah khusus yang disebut Tlacochtli.

7. Urumi

1.7 urumi | Buliran.com

Urumi pada dasarnya adalah pedang, meskipun bentuknya jauh berbeda dari yang ada. Jika pedang pada umumnya hanya memiliki satu bilah, namun Urumi memiliku beberapa sulur bilah fleksibel.

8. Tombak Api

1.8 senjata tombak api 5 ist | Buliran.com

Tombak api atau fire lance merupakan senjata mesiu yang muncul di abad ke-10 di atau selama Perang Jin Song. Pada tombak itu terdapat perangkat piroteknik kecil yang melekat pada senjata seperti tombak.

9. Shotel

1.9Shotel Ethiopia yang mirip dengan celurit Madura | Buliran.com

Sedang Shotel disebut paling kuat dan berbahaya berasal dari masa Ethiopia Kuno. Desainnya terbilang unik, dengan panjang 40 cm dan memiliki bentuk sarung sama dengan pedang melengkung.

10. Madu

1.10. Madu | Buliran.com

Senjata itu awalnya dibuat dari dua tanduk kerbau India yang terhubung tegak lurus oleh mistar. Madu digunakan dalam maankombu, seni bela diri India berbasis senjata kuno. Ada beberapa variasi madu, termasuk satu dengan tambahan tip baja dan perisai, membuatnya menjadi senjata efisien.

11. Kakute

1.11 kakute | Buliran.com

Kakute merupakan senjata cincin yang biasanya digunakan oleh Kunoichi atau ninja perempuan. Di dalamnya tersimpan bubuk racun sangat mematikan. Kakute biasanya terbuat dari metal atau kayu.

12. Khopesh

1.12khopesh | Buliran.com

Dilihat dari bentuknya, Khopesh lebih mirip pengait daripada pedang. Senjata yang mirip dengan celurit dengan kedua sisi sama tajam ini digunakan orang-orang Mesir kuno. Rata-rata Khopesh memiliki panjang sekitar 50 sampai 60 cm dan dan terbuat dari perunggu atau besi. ***