Walikota Payakumbuh Berpidato di Sidang Paripurna Istimewa HUT Payakumbuh Ke-51

  • Share
Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi, S.t., M.t, Menyampaikan Pidato Di Sidang Paripurna Istimewa
Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi, S.T., M.T, menyampaikan pidato di sidang paripurna istimewa

BuliranNews, PAYAKUMBUH – Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh Ke-51, Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi, S.T., M.T, menyampaikan  pidato di sidang paripurna istimewa, di aula DPRD Kota Payakumbuh, Jum’at, 17 Desember  2021 dengan tema 51 Tahun Kota  Payakumbuh, Payakumbuh Tumbuh, Bangkit dan Menang: Payakumbuh Menanam,  Payakumbuh Lestarikan Alam.

Pada kesempatan itu, walikota menyampaikan bahwa peringatan hari ulang tahun Kota Payakumbuh yang jatuh hari Jumat,  17 Desember 2021 memiliki arti sangat istimewa bagi kita warga Kota Payakumbuh. 51 tahun sudah usia Kota Payakumbuh. Silih berganti pemangku amanah pemerintahan sudah menjalankan tugas-tugas mereka dan memberikan pengabdian terbaiknya untuk membangun kota kita ini, masing-masing pada masanya telah meninggalkan banyak legasi berharga yang dapat dirasakan sampai saat ini.

Walikota mengenang kilas balik masa lalu Payakumbuh ketika pada saat acara peresmian digelar yang dihadiri oleh perwakilan niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, dan bundo kanduang yang menyuguhkan sebuah maket berbentuk rumah gadang kepada Mendagri, Amir Machmud. Maket itu ditutup layar sutera biru. Di depannya terletak sepiring galamai dengan sebilah pisau. Mendagri Amir Machmud yang didampingi oleh Gubernur Harun Zain dan Bupati 50 Kota Kolonel  Infanteri A. Syahdin Dt. Bandaro dipersilakan mengiris galamai. Ketika diiris, putuslah benang yang ada di dalam galamai, terbukalah selubung layar rumah gadang. Setelah layar terbuka, muncul tulisan ”Balai Kota Pajakumbuh”. Bersamaan dengan itu, meriam pusaka  “Lelo Majenun”  berdentum keras. Bunyinya menggelegar seakan memberi kabar bagi anak nagari, bahwa Menteri Dalam Negeri Amir Machmud telah meresmikan sebuah kota baru di Indonesia. Setelah acara peresmian tersebut kemudian dilakukan pelantikan Bapak Soetan Oesman sebagai walikota pertama oleh Gubernur Sumatera Barat Bapak Harun Zain.

Baca Juga   Sebanyak 79 Orang Ketua Lingkungan di Kelurahan Tirta Jaya Dikukuhkan Serentak
  • Share