Buliranlovers, Ini Lho 21 Gejala Covid-19

18. ciri ciri | Buliran.com

SELAMA INI, banyak orang merasa ragu melakukan tes untuk mengetahui apakah mereka terinfeksi virus jenis baru (-19). Keraguan muncul salah satunya karena gejala yang dialami cenderung sama dengan penyakit umum lainnya, seperti misal dan pilek.

Namun, saat ini ada sejumlah gejala yang menandakan bahwa Anda perlu segera melakukan tes Covid-19. Bahkan, saran tersebut juga berlaku bagi orang-orang yang telah divaksinasi, karena mereka dapat mengalami gejala yang berbeda juga.

Prof Tim Spector OBE, utama pengembang ZOE Covid Study mengatakan, terkini menunjukkan kasus Covid-19 baru terus meningkat. Itu terjadi karena mencabut sebagian besar pembatasan.

“Meskipun Covid-19 tidak terlalu parah pada populasi muda dan divaksinasi, wabah ini pasti tidak akan hilang dalam waktu dekat,” ungkap Spector yang juga profesor epidemiologi genetik di King's College London.

Menurut Prof Spector, cara terbaik untuk menghentikan penyebaran Covid-19 adalah dengan memvaksinasi orang sebanyak mungkin. Orang juga perlu membiasakan diri dengan lebih dari 20 kemungkinan gejala Covid-19.

“Jalani tes Covid-19 ketika Anda merasa tidak enak badan,” tutur Prof Spector, dilansir The Sun, Jumat.

ZOE Covid Study telah mengumpulkan gejala Covid-19 paling jamak belakangan ini.

Berikut 21 gejala yang harus diwaspadai dan menandai bahwa Anda mungkin perlu segera melakukan tes Covid-19:

1. Suhu tinggi (demam)
2. Menggigil
3. Batuk terus menerus
4. Kehilangan kemampuan indra penciuman
5. Kehilangan kemampuan indra pengecap
6. Sakit kepala
7. Kelelahan yang tidak biasa
8. Sakit tenggorokan
9. Merasa Kebingungan tiba-tiba
10. Ruam kulit
11. Perubahan pada mulut atau lidah
12. Sesak napas
13. Nyeri dada
14. Nyeri otot
15. Suara serak
16. Diare
17. Kurang nafsu makan
18. Sakit perut
19. Pilek
20. Bersin
21. Covid toes alias jari kaki Covid

Baca Juga   KPU : Pemilu Tetap 14 Februari 2024

Meski orang yang sudah divaksinasi jauh lebih terlindung dari virus, namun penularan masih dapat terjadi. Karena itu, ada baiknya Anda mengetahui tanda-tanda di atas dan segera melakukan tes Covid-19 jika merasakan beberapa diantaranya.

Bahkan, di banyak negara, varian-varian baru dari Covid-19, seperti delta masih menjadi ancaman utama, di antaranya di Inggris, , dan juga Indonesia. Inggris telah melaporkan jumlah pasien akibat infeksi virus ini ke level tertinggi dalam lima bulan terakhir, dengan jumlah harian melonjak menjadi 73. (*/rep)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *