Mengenal Fitur Andalan Android 12L

7. android | Buliran.com

12 adalah versi terbaru dari sistem operasi cerdas dan saat ini juga merupakan versi terbaru yang tersedia untuk tablet. Tapi tidak lama, karena Android 12L akan segera mendarat, dan itu dirancang khusus untuk tablet dan perangkat layar besar lainnya seperti ponsel yang dapat dilipat.

Dilansir dari Techradar, Minggu (19/12), Android 12L akan diluncurkan sekitar 2022. Situs Google mengatakan ‘awal 2022', sementara Gizmodo mengklaim pembaruan akan mendarat pada Q2 2022 (artinya antara April dan Juni).

Techradar tidak akan benar-benar menganggap Mei atau Juni sebagai ‘awal' di tahun ini. Jadi, Techradar kira April akan menjadi yang terbaru, tetapi mereka tidak dapat memastikannya.

Sementara itu, Android 12L sudah tersedia dalam bentuk pratinjau pengembang untuk perangkat tertentu, termasuk ponsel Pixel dari Pixel 3a dan seterusnya dan Tab P12 Pro. Anda juga dapat menjalankannya sebagai emulasi di perangkat lain.

7. Android 12L Jadi Usaha Google Berikutnya Untuk Tablet | Buliran.com

Itu dikatakan, dalam semua kasus ini akan menjadi versi perangkat lunak yang belum selesai dan kemungkinan bermasalah. Seperti namanya, rilis ini dirancang untuk pengembang, Techradar menyarankan semua orang menunggu rilis final-atau setidaknya publik.

Android 12L (dengan ‘L' mungkin berarti ‘Large' atau ‘Large screen') dirancang untuk membuat Android bersinar di tablet dan ponsel yang dapat dilipat, dan ini bisa dibilang sesuatu yang sudah lama dibutuhkan oleh sistem operasi.

Saat ini, Google menerapkan pendekatan satu ukuran semua untuk OS-nya, tetapi dalam praktiknya pengalaman di layar besar bisa sangat berbeda dengan layar kecil, dan dengan Android sebagian besar dirancang di sekitar ponsel, itu bisa membuatnya kikuk di layar perangkat yang lebih besar- atau hanya berarti bahwa ruang ekstra tidak digunakan secara optimal.

Baca Juga   Per 1 November 2021, 15 Merk HP Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp! Apakah Ponsel Anda Termasuk?

Jadi Android 12L pada dasarnya adalah Android 12 dengan beberapa penyesuaian layar besar dan beberapa fitur eksklusif yang tidak akan berfungsi dengan baik di ponsel (selain yang besar seperti perangkat yang dapat dilipat). Ini adalah ide yang mirip dengan apa yang telah dilakukan dengan iPadOS, yang dipisahkan dari . Di luar antarmuka, Android pada tablet juga mengalami kekurangan yang dioptimalkan untuk tablet, dan Android 12L juga bertujuan untuk mengatasi hal ini sampai batas tertentu.

7.1 android | Buliran.com

Beberapa Fitur Android 12L

Android 12L sebagian besar memiliki fitur yang sama dengan Android 12, karena ini hanyalah versi yang telah dioptimalkan untuk perangkat layar besar. Tapi itu berarti beberapa perubahan pada tata letak dan beberapa fungsi.

Bayangan pemberitahuan dua kolom

Dengan Android 12L, drop-down notifikasi memiliki dua kolom, bukan satu, dengan pengaturan cepat di sebelah kiri dan notifikasi di sebelah kanan. Hal ini membuat sebagian besar dari semua ruang ekstra.

Layar kunci dengan tampilan baru

Layar kunci juga menggunakan dua kolom untuk menampilkan informasi, tetapi selain itu jika Anda mengaktifkan kunci pola atau PIN, ini akan ditampilkan di sisi layar untuk memudahkan jangkauan. Jika Anda ingin kunci di sisi lain, cukup ketuk sisi itu dan itu akan melompat ke seberang.

Peningkatan multitasking

Dengan Android 12L, ada taskbar di bagian bawah layar yang dapat dibuka atau disembunyikan kapan saja dengan menekan lama. Saat terlihat, ini akan menampilkan pintasan aplikasi, sehingga memudahkan untuk berpindah antar aplikasi tanpa harus membuka layar beranda atau layar aplikasi terbaru terlebih dahulu.

Anda juga dapat menarik dan melepas aplikasi dari bilah tugas untuk masuk ke mode layar terpisah, atau Anda dapat menggunakan tindakan ‘Pisahkan' baru dalam ikhtisar untuk memulai layar terpisah dengan satu ketukan. Ada juga kontrol gerakan untuk menggulir aplikasi terbaru atau kembali ke layar beranda. Jadi navigasi di Android 12L harus lebih cepat dan licin daripada saat ini dengan tablet dan perangkat layar lebar lainnya. */rpl

Baca Juga   Ransomware Menyerang, Jangan Panik, Ini Tandanya!