Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah pada Irmaf Kampung Tg Rhu Pekanbaru

Avatar Of Adri
Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Ikatan Remaja Masjid Al Furqan Irmaf Kampung Tg. Rhu Pekanbaru | Buliran.com
Sosialisasi Literasi keuangan syariah pada ikatan remaja masjid Al-furqan (irmaf) kampung tg. Rhu pekanbaru (Foto : Istimewa)

Bulirannews–Sesuai dengan Caturdharma Perguruan Tinggi, Dosen Universitas Islam Riau (UIR) aktif melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Riau (UIR) mengadakan Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Ikatan Remaja Masjid Al-Furqan (Irmaf) Kampung Tg. Rhu Pekanbaru.

Adapun Dosen yang berpartisipasi sebagai Tim dalam pengabdian masyarakat ini adalah dosen dari program studi Perbankan Syariah yaitu Putri Nuraini, SE.Sy., M.E selaku ketua Pengabdian, Dr. Zulfadli Hamzah, B.IFB., M.IFB, Dhea Ananda Putri dan Alawi Anggara selaku anggota pengabdian. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini di danai oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Islam Riau.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini kami laksanakan dengan tujuan memberikan kontribusi berupa sharing informasi terkait dengan literasi keuangan syariah untuk mendukung terbentuknya remaja-remaja masjid yang mengendepankan konsep keuangan dan ekonomi syariah agar tercapai pemberdayaan ekonomi mandiri remaja khususnya remaja masjid yang tergabung kedalam Ikatan Remaja Masjid al-Furqan (IRMAF) sekarang ini. Kemudian memberikan pengetahuan tentang lembaga keuangan yang berlandasakan syariah yakni perbankan syariah dan produk-produknya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi literasi keuangan Syariah dapat menjadi kekuatan baru dalam bidang keuangan dan ekonomi syariah di lingkungan remaja masjid demi meningkatkan ekonomi mandiri remaja jauh lebih baik dan terarah.

Kegiatan pengabdian ini kami laksanakan pada hari Ahad, 17 Oktober 2021 di Aula TPQ Masjid Al-Furqan Kampung Tg. Rhu Pekanbaru Jalan Tanjung Uban Kelurahan Pesisir Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru. Kegiatan ini disambut baik oleh ketua Ikatan Remaja Masjid Al-Furqan (IRMAF) Saudara Muhammad Nur Zakhi. Peserta kegiatan PkM ini diantaranya adalah remaja yang berstatus sebagai mahasiswa, remaja yang telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, dan remaja yang masih berstatus sebagai pelajar. Mereka sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan pengabdian ini.

Baca Juga   Pemkot Bukittinggi Ingatkan Warga Waspada Corona