Alexa.com “Dimatikan” Mulai 1 Mei 2022

Avatar Of Teddy Chaniago
9. | Buliran.com

KABAR mengejutkan datang dari Amazon. Raksasa teknologi tersebut memutuskan untuk menutup situs pemeringkat Alexa.com. Informasi dari Semrush, yang merupakan platform Software as a Service (SaaS) manajemen visibilitas online, lalu lintas organik Alexa.com dilaporkan terus menurun.

Akibatnya Amazon merasa kurang puas hingga akhirnya memilih untuk menghentikan layanan Alexa.

“Selama 25 tahun, kami membantu Anda menemukan dan menjangkau audiensi digital Anda. Namun saat ini kami harus membuat keputusan yang sulit, yakni menghentikan Alexa.com,” kata Amazon di laman resminya.

“Kami sampaikan terima kasih karena telah menjadikan kami sumber daya untuk riset konten, analisis kompetitif, penelitian kata kunci, sumber pemeringkatan. Kami senang bisa melayani Anda selama ini. Terima kasih,” tambahnya.

Selama ini Alexa.com merupakan anak perusahaan Amazon. Alexa juga banyak digunakan oleh berbagai media nasional dan internasional untuk mencari peringkatnya di dunia digital.

Selain memberikan sistem peringkat situs web global, Alexa juga menawarkan rangkaian lengkap alat analisis Search Engine Optimization (SEO) dengan langganan berbayarnya.

Para pengguna Alexa sudah tidak bisa lagi melakukan layanan berlangganan dalam situs tersebut. Pihak Alexa juga menjelaskan, sudah menghentikan layanan berlangganan sejak 8 Desember 2021 UTC. (*/drm)

 

 

Baca Juga   Bosan dengan Tulisan dengan Huruf Hitam di WhatsApp? Ingin Tulisan Berwarna? Ikuti Langkah Ini