Metamorfosa Toyota Kijang, dari Masa ke Masa

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Kijang | Buliran.com

SIAPA yang tak mengenal Toyota Kijang. kendaraan yang mulai diproduksi tahun 1977 terlahir sebagai kendaraan niaga sederhana. Namun kini dalam kurun waktu selama 38 tahun, Toyota Kijang telah mengalami evolusi bertahap dan telah menjadi mobil idaman keluarga Indonesia. Seperti apa perubahan mobil Toyota Kijang dari masa ke masa?

Generasi Pertama; Toyota Kijang Buaya

1. Buaya | Buliran.com

Toyota Kijang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 9 Juni 1977 yang hadir dalam bentuk pick up. generasi pertama ini lebih dikenal dengan sebutan Kijang Buaya. Julukan tersebut terlontar ketika kap mesin dibuka mirip dengan Buaya yang sedang membuka mulutnya. satu hal yang unik dari mobil ini yaitu pada bagian pintu tidak dilengkapi jendela kaca, melainkan hanya ditutupi dengan terpal plastik. generasi pertama Toyota Kijang ini menggunakan mesin Corola 3k 1200 cc.

Generasi Kedua; Toyota Kijang Doyok

Empat tahun berselang Toyota kembali melahirkan generasi kedua dari Toyota Kijang, yaitu Kijang Doyok pada bulan September 1981. entah kenapa mobil ini disebut Kijang Doyok. konon pemberian nama tersebut lantaran bentuknya yang kotak dan kerempeng mirip dengan tokoh Doyok yang ada di salah satu surat kabar.

10.2 Kijang Doyok | Buliran.com

Generasi kedua ini masih berbentuk pick up, namun memiliki bodi yang lebih halus dan telah dilengkapi window pada bagian pintu. mesin yang digunakan pun berubah menjadi 5k 1500 cc untuk memberikan performa yang lebih baik

Generasi Ketiga; Toyota Kijang Super

10.3 Kijang Super | Buliran.com

Pada generasi ketiga, Toyota mengubah pick up menjadi kendaraan keluarga. generasi ini dinamakan Kijang Super yang diluncurkan pada tahun 1986. Kijang Super dalam dua versi yaitu sasis pendek kf40 dan sasis panjang kf50. untuk mesin, Kijang Super masih menggunakan mesin 5k sama seperti Kijang Doyok. bedanya pada Kijang Super mesin sudah dilengkapi dengan Advanced Super Response Engine untuk memperbaiki supply bahan bakar sehingga tenaga maksimumnya meningkat dari 61 ps menjadi 63 ps.

Baca Juga   Anda Perlu Tahu Guys, Mobil-mobil Ini Bisa "Berenang" di Air

Generasi Keempat; Toyota Kijang Kapsul

10.4 Toyota Kijang Kapsul | Buliran.com

Selanjutnya hadir Kijang Kapsul pada tahun 1997. Generasi keempat Toyota Kijang ini menggunakan mesin 7 kc berkapasitas 1.8 liter empat silinder segaris. Toyota Kijang Kapsul hadir dengan dua varian yaitu Toyota Kijang Krista dan Toyota Kijang Rangga. kedua varian tersebut hadir dengan tampilan eksterior dan interior yang lebih modern.

Generasi Kelima; Toyota Kijang Innova

Lalu pada tahun 2004 Toyota menghadirkan Kijang Innova yang menjadi penerus Kijang Kapsul. meski terlihat berbeda, namun Kijang Innova memiliki benang merah dengah Kijang Buaya, Doyok, Super, dan Kapsul. Benang merah tersebut adalah adopsi sasis ladder yang membuat Kijang Innova sedikit berbeda dibanding MPV modern lainnya yang menggunakan konfigurasi monokok.

10.5 Toyota Kijang Innova | Buliran.com

Kijang generasi kelima ini dibekali sejumlah teknologi terbaru seperti mesin berteknologi VVT-i, diesel common rail hingga multi information display dan airbag. Kijang Innova hadir dengan dua pilihan mesin yaitu mesin bensin dan diesel.

Generasi Keenam; All New Kijang Innova 2016

10. 6 All New Kijang Innova 2016 | Buliran.com

Dan akhirnya generasi terbaru dari Toyota Kijang hadir pada bulan november 2015 yaitu All New Kijang Innova. Telah menjadi ciri khas sebagai mobil keluarga, All New Kijang Innova hadir dengan tampilan yang mewah dan elegan. sejumlah perubahan terlihat pada bagian eksterior, interior hingga mesin. tampilan eksterior yang begitu gagah dipadukan dengan desain interior yang mewah membuat mobil ini cocok untuk keluarga Indonesia.***