Jembatan Jembatan Terpanjang di Dunia

1. jembatan | Buliran.com

merupakan suatu struktur bangunan yang dibuat untuk menyeberangi sungai, jurang, rintangan, jalan raya, dan rel . Pembangunan jembatan ini digunakan oleh penyeberang jalan dengan atau pun kendaraan untuk menghindari halangan. Dalam pembuatannya, jembatan juga perlu diperhatikan beban maksimum kendaraan karena merupakan komponen kritis dari ruas jalan.

Zaman semakin berubah dan juga semakin berkembang. Pembuatan jembatan tentunya tidak lagi terhalang oleh kondisi geografis karena jembatan sudah bisa dibangun di mana saja. Bahkan jembatan juga bisa dibangun dengan sangat panjang sampai ratusan kilometer.

Nah, jembatan mana saja yang masuk kategori terpanjang di dunia? berikut deretannya :

1. Jembatan Besar Danyang – Khunsan

Jembatan Besar Danyang – Khunsan merupakan jembatan terpanjang di dunia pada saat ini. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 164,8 kilometer. Jembatan ini memiliki tinggi sekitar 31 meter. Jembatan ini sangat panjang, bahkan melebihi dari jarak perjalanan dari Jakarta ke Bandung yaitu sekitar 150 kilometer.

Jembatan ada di atas sungai Yangtze yang menghubungkan jalan kereta api dari Shanghai dan Nanjing yang ada di Povinsi Jiangsung, . Jembatan ini juga dilewati oleh kereta cepat dari arah Beijing ke Shanghai. Terlihat sangat hebat bila kereta api dapat melintasi sungai sebesar itu dengan jembatan yang sangat panjang.

1.1 Jembatan Besar Danyang – Khunsan | Buliran.com

Dalam pembangunan jembatan ini dimulai dari tahun 2006 kemudian selesai pada tahun 2010. Memang cukup lama pembuatan jembatan ini karena dilihat dari kondisinya melewati sungai dan juga jembatan ini cukup panjang, jadi wajar saja jika pembuatannya lama. Bahkan dalam pembuatan jembatan ini dikerahkan sebanyak 10.000 pekerja agar jembatan ini dapat dibuat secara sempurna.

Biaya dalam pembuatan jembatan ini diperkirakan mencapai 8,5 juta dolar AS, atau jika dirupiahkan dapat mencapai 113 triliun rupiah. Hal tersebut memakan biaya yang cukup banyak dalam pembuatannya. Selain itu, meski pembuatan jembatan ini selesai pada tahun 2010, namun pemerintah daerah meresmikan jembatan ini pada 30 Juni 2011.

2. Jembatan Besar Tianjin

Jembatan Besar Tianjin atau bisa disebut sebagai Langfang-Qingxian viaduct. Jembatan ini merupakan jembatan kereta api yang membentang dari Langfang dan Qingxian. Jembatan ini juga merupakan bagian dari jalur kereta api cepat Beijing – Shanghai.

Jembatan ini dijadikan sebagai jembatan terpanjang di dunia yang menempati urutan kedua dan rekor ini telah dicatat oleh Guinness World Records. Jembatan Besar Tianjin memiliki panjang sekitar 113,7 kilometer. Pada tahun 2010 jembatan ini sudah selesai dibangun, namun baru diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 2011.

1.2 Jembatan Besar Tianjin | Buliran.com

Desain jembatan dengan jalur layang ini dibuat agar terhindar dari individu yang melintasi jalan raya, rel kereta api, dan lain-lain. Selain itu, desain seperti ini digunakan agar mempersingkat masa konstruksi. Jalur layang seperti ini juga agar jalu dapat menggunakan sedikit lahan saja. Karena jalur kereta membutuhkan luas daerah 28,4 hektare per kilometer pada rutenya, namun jembatan ini hanya membutuhkan 10,9 hektare yaitu hanya setengah dari jalur kereta api biasa.

Kemudian, jembatan ini juga dipasang box grider dengan panjang 32 meter yang masing-masing memiliki berat 860 ton. Dalam pembuatannya, balok-balok ini dibuat pada dua tempat kerja yang terletak di sepanjang jembatan. Lalu, balok dibawa ke lokasi pemasangan jembatan, kemudian ditempatkan di dermaga menggunakan derek khusus untuk mengangkutnya.

Baca Juga   Mengenal Daftar Induk Organisasi Olahraga di Indonesia

3. Jembatan Besar Weinan – Weihe

Jembatan Besar Weinan – Weihe atau bisa juga disebut dengan The Weinan Weihe Grand Bridge ini merupakan jembatan bagian dari Zhenzhou – Xian kereta api dengan kecepatan tinggi. Jembatan ini masuk ke dalam jembatan terpanjang di dunia pada urutan ketiga. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 79,732 kilometer yang melintas berbagai sungai seperti Sungai Wei yang dillewati dua kali, Sungai Luofu, Sungai Ling, Sungai Xi, Sungai Shi Di dan sungai-sungai serta jalur kereta api dan jalan raya.

1.3 Jembatan Besar Weinan – Weihe | Buliran.com

Dalam pembangunannya, jembatan ini mengerahkan 10.000 pekerja, 2.300.000 meter kubik beton yang digunakan, dan juga 45.000 ton baja. Dengan panjang jembatan serta bahan-bahan yang digunakan sangat banyak ini, jembatan selesai dibuat pada tahun 2008. Namun jembatan tersebut baru dibuka pada 6 Februari 2010.

Hal tersebut tentu merupakan bagian rencana dari Xulan Dedicated Line, yaitu sebuah layanan kereta api cepat yang menyediakan rute dari Lanzhou ke Xuzhou. Setelah jembatan ini jadi akan digunakan sebagai jembatan alternatif untuk jalur kereta api Longhai. Bahkan, jembatan ini juga akan melayani penduduk Cina yang padat di regional Zhengzhou dan Xian yang merupakan jalur rel kereta api tersebut. Kota tersebut memiliki jumlah penduduk sebanyak 100 juta orang.

4. Jembatan Bang Na Expressway

Jembatan Bang Na Expressway merupakan jalan tol layang yang ada di Thailand. Jembatan ini juga masuk pada jembatan terpanjang di dunia setelah Jembatan Besar Weinan – Weihe. Jembatan ini masuk pada urutan keempat yang memiliki panjang sekitar 54 kilometer.

1.4 Jembatan Bang Na Expressway | Buliran.com

Jembatan ini didesain oleh Jean Muller yang merupakan teknisi ahli jembatan dari Perancis. Jembatan ini selesai dibangun pada bulan Maret tahun 2010 yang membutuhkan sekitar 1,8 meter kubik beton. Lalu, jembatan ini juga mampu mengakomodasi sebanyak 12 jalur tol yang ada di Thailand.

Yang unik dari jembatan ini adalah jembatan ini tidak banyak menyeberangi badan bagi sebagian besar area jembatan ini dari ujung ke ujung, kecuali pada bagian yang melintasi Sungai Bang Pakong.

5. Jembatan Pontchartrain Causeway

Jembatan Pontchartrain Causeway ini merupakan jembatan dari Amerika Serikat yang di bangun di atas danau yang besar. Uniknya adalah jembatan ini merupakan jembatan pararel yang tiap jembatan memiliki panjang 38,442 kilometer.

Keunikan lain yang dimiliki jembatan ini adalah jembatan pertama yang dibangun dengan teknik konstruksi produksi massal. Tidak sama dengan pembuatan jembatan lain yang dibangun di tempat. Sedangkan jembatan ini komponennya dari pabrik pengecoran yang kemudian dikirim melalui kapal tongkang ke lokasi konstruksi. Pada saat itu jarang dilakukan cara seperti itu.

1.5 Jembatan Pontchartrain Causeway | Buliran.com

Jembatan ini juga termasuk ke dalam jembatan terpanjang di dunia. Namun, gelarnya sempat terancam karena adanya jembatan baru yang ada di China yang melintasi Teluk Jiaozhou yang lebih panjang 3 kilometer dari Jembatan Pontchartrain Causeway.

Baca Juga   Pinisi, Sejarah Kehebatan Pelaut Nusantara

Setelah mengetahui kejadian itu, pihak Amerika Serikat protes kepada The Guinness World Records yang telah memberikan gelar jembatan terpanjang di dunia kepada jembatan di Cina tersebut. Kemudian gelar kedua jembatan tersebut dibedakan. Untuk Jembatan Pontchartrain Causeway diberikan gelar jembatan beruntun terpanjang di dunia, karena lurus terbentang sampai ujung tanpa terputus. Sedangkan Jembatan Jiaozhou memiliki bentuk melengkung maka dari itu mendapat gelar kumpulan jembatan terpanjang di dunia.

6. Jembatan Manchac Swamp

Jembatan Manchac Swamp merupakan jembatan di atas air terpanjang di dunia setelah Jembatan Pontchartrain Causeway. Selain itu, jembatan ini juga dikenal dengan 1 – 55 Manchac Swamp Crossing yang memiliki letak di Lousiana. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 36,71 kilometer. Jembatan ini sudah dibangun sejak tahun 1979 untuk mempermudah lalu lintas dalam menyeberangi sungai yang besar.

1.6 Jembatan Manchac Swamp | Buliran.com

Pembangunan jembatan ini dilakukan di atas rawa yang mendorong penyangga jembatan hingga 76 meter masuk ke dalam rawa tersebut. Biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan jembatan ini mencapai 7 juta dolar Amerika Serikat per mil.

Kabarnya, jembatan ini juga dibuat untuk menghindari rawa-rawa di bawahnya yang merupakan sarang buaya. Oleh karena itu jembatan ini dibuat agar orang yang melewatinya merasa mudah dan selamat dari buaya yang ada di dalam rawa.

7. Jembatan Teluk Hangzhou

Jembatan Teluk Hangzhou merukapan salah satu jembatan terpanjang di dunia. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 35,7 kilometer. Jembatan ini dibangun di mulut Teluk Hangzhou yang ada di wilayah pesisir timur Cina. Jembatan ini menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo yang ada di Provinsi Zhejiang.

Jembatan ini selesai dibangun pada 14 Juni 2007, lalu diadakan upacara untuk pembukaan jembatan pada 26 Juni 2007. Namun jembatan tersebut tidak langsung dibuka untuk umum. Jembatan ini dilakukan pengujian dan evaluasi selama kurang lebih satu tahun. Setelah itu, pada 1 Mei 2008 jembatan ini diperbolehkan dibuka untuk umum.

1.7 Jembatan Teluk Hangzhou | Buliran.com

Dengan dibangunnya jembatan ini memiliki positif yaitu memperpendek perjalanan dari Ningbo ke Shanghai yang awalnya menempuh jarak 400 kilometer menjadi 180 kilometer saja, waktu perjalanan tersebut juga berkurang dari 4 jam menjadi 2 jam.

Konstruksi pada jembatan ini menggunakan cable stayed bridge. Dalam pembuatannya memilih bentuk itu karena kekuatan kabelnya yang dapat bertahan dalam kondisi buruk. Selain jembatannya sangat panjang, sungai-sungai yang dilewati jembatan ini memiliki kekuatan pasang surut yang tertinggi. Bahkan lokasi pada jembatan ini juga rawan dengan gempa serta angin topan. Maka dari itu dipilih bentuk konstruksi ini karena mengikuti keadaan alam sekitar.

Selain itu, jembatan ini menggunakan tiang pancang baja. Kegunaannya adalah tiang ini kuat untuk menahan korosi akibat dari pasang surut teluk yang sangat tinggi. Menggunakan tiang baja juga mempermudah pembangunan ketika kondisi sangat sulit dihadapi seperti saat ada ombak tinggi yang menerjang pembangunan jembatan, jembatan akan lebih kokoh berdiri dibanding menggunakan tiang beton.

8. Jembatan Runyang

Jembatan Runyang, dalam bahasa Cina berarti Runyang Changjiang Daqiao merupakan jembatan besar yang kompleks dan terpanjang di dunia yang melewati Sungai Yangtze yang ada di Provinsi Jiangsu, Cina, Hilir Nanjing. Yang dimaksud kompleks adalah terdiri dari dua jembatan yang menghubungkan tepi selatan sungai di Zhenjiang dan Yangzhou yang ada di utara. Pada lokasi jembatan dibangun terdapat Pulau Shiyezhou yang terletak di antara dua jembatan.

Baca Juga   Deretan Tanjakan Maut Paling Mengerikan di Indonesia

Jembatan Runyang ini adalah salah satu bagian dari jalan tol Yangzhou – Liyang. Jembatan ini dibangun mulai pada Oktober tahun 2000, bahkan pembangunan jembatan ini lebih cepat dari perkiraannya.

1.8 Jembatan Runyang | Buliran.com

Sebelum jembatan ini selesai dibangun terdapat layanan kapal feri yang tersedia selama 24 jam jika kamu ingi menyeberangi Sungai Yangtze. Pada saat itu jika ingin ke Stasiun Kereta Api Zhenjiang dari Yangzhou memakan waktu sampai 40 menit. Namun, sampai saat ini pun layanan kapal feri masih tersedia, kamu hanya perlu membayar 5 yuan dan menunggu selama 5 menit sebelum diantarkan. Menurut beberapa penduduk kapal feri lebih cepat untuk menghubungkan kota Zhengjian dan Yangzhou.

Dalam pembangunannya, jembatan ini memakan biaya sebesar 5,8 milyar Yuan atau mencapai 9 triliun jika dirupiahkan. Setelah jembatan selesai dibangun, jembatan ini dibuka untuk umum pada 30 April 2005. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 35,66 kilometer.

9. Jembatan Donghai

Jembatan donghai juga merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 32,5 kilometer. Jembatan ini terletak di Cina, dalam bahasa Cina jembatan ini disebut dengan Donghai Daqiao.

1.9 Jembatan Donghai | Buliran.com

Jembatan ini selesai dibangun pada 10 Desember 2005 dan kemudian dibuka untuk umum pada 1 Mei 2008. Jembatan ini menghubungkan daratan Shanghai dengan Pelabuhan Laut Yangshan di Republik Rakyat Tiongkok. Jembatan ini juga termasuk jembatan kabel, di mana kapal besar dapat melalui bawah jembatan yang memiliki lebar 420 meter.

10. Jembatan Basin Atchafalaya

Jembatan Basin Atchafalaya ini memiliki nama lain yang dikenal dengan Lousiana Airborne Memorial Bridge. Jembatan ini merupakan sepasang jembatan paralel yang ada di Amerika Serikat kota Lousiana. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 29 kilometer, yang merupakan jembatan terpanjang ketiga yang ada di Amerika Serikat.

Jembatan ini mulai dibuat pada tahun 1971 dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 1973. Jembatan ini memiliki dua pintu keluar, pintu keluar satu ke arah Whiskey Bay (Lousiana Highway 975) dan yang satunya lagi ke arah Butte La Rose (LA 3177). Jembatan ini dibuat sejajar atau bersebrangan, meski begitu setelah melintasi Saluran Percontohan Whiskey Bay dan Sungai Atchafalaya, jembatan ini akan menyatu tidak bersebrangan.

1.10 Jembatan Basin Atchafalaya | Buliran.com

Dalam lalu lintas harian, jembatan ini selalu dipenuhi sebanyak 30.420 kendaraan yang melintas. Bahkan kecelakaan juga sering terjadi di jembatan ini karena memiliki jalan yang sempit dan tidak ada bahu jalan. Setelah sering terjadi kecelakaan, pada tahun 1999 Gubernur Mike Foster menurunkan kecepatan untuk melintas di jembatan dari 115 km/jam menjadi 95 km/jam saja.

Tidak sampai di situ, pada tahun 2003 Lousiana mengubah lagi kecepatan yang harus ditempuh ketika melintasi Jembatan Basin Atchafalaya. Bagi kendaraan dengan 18 roda kecepatan maksimum diturunkan menjadi 90km/jam. Dalam hal ini pengendara juga harus melintas di lajur kanan saat melintasi jembatan. ***