Jembatan Jembatan Terpanjang di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Jembatan | Buliran.com

JEMBATAN merupakan suatu struktur bangunan yang dibuat untuk menyeberangi sungai, jurang, rintangan, jalan raya, dan rel kereta api. Pembangunan jembatan ini digunakan oleh penyeberang jalan dengan jalan kaki atau pun kendaraan untuk menghindari halangan. Dalam pembuatannya, jembatan juga perlu diperhatikan beban maksimum kendaraan karena merupakan komponen kritis dari ruas jalan.

Zaman semakin berubah dan teknologi juga semakin berkembang. Pembuatan jembatan tentunya tidak lagi terhalang oleh kondisi geografis karena jembatan sudah bisa dibangun di mana saja. Bahkan jembatan juga bisa dibangun dengan sangat panjang sampai ratusan kilometer.

Nah, jembatan mana saja yang masuk kategori terpanjang di dunia? berikut deretannya :

1. Jembatan Besar Danyang – Khunsan

Jembatan Besar Danyang – Khunsan merupakan jembatan terpanjang di dunia pada saat ini. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 164,8 kilometer. Jembatan ini memiliki tinggi sekitar 31 meter. Jembatan ini sangat panjang, bahkan melebihi dari jarak perjalanan dari Jakarta ke Bandung yaitu sekitar 150 kilometer.

Jembatan ada di atas sungai Yangtze yang menghubungkan jalan kereta api dari Shanghai dan Nanjing yang ada di Povinsi Jiangsung, China. Jembatan ini juga dilewati oleh kereta cepat dari arah Beijing ke Shanghai. Terlihat sangat hebat bila kereta api dapat melintasi sungai sebesar itu dengan jembatan yang sangat panjang.

1.1 Jembatan Besar Danyang – Khunsan | Buliran.com

Dalam pembangunan jembatan ini dimulai dari tahun 2006 kemudian selesai pada tahun 2010. Memang cukup lama pembuatan jembatan ini karena dilihat dari kondisinya melewati sungai dan juga jembatan ini cukup panjang, jadi wajar saja jika pembuatannya lama. Bahkan dalam pembuatan jembatan ini dikerahkan sebanyak 10.000 pekerja agar jembatan ini dapat dibuat secara sempurna.

Baca Juga   Mengenal Negara Produsen Senjata Perang Terbesar di Dunia