Luar Biasa Miliarder Jepang ini terbang ke luar angkasa

Avatar Of Adri
Luar Biasa Miliarder Jepang Ini Terbang Ke Luar Angkasa

Buliran.com–Yusaku Maezawa, seorang miliarder Jepang , terbang ke luar angkasa dengan kapsul dan roket Soyuz buatan Rusia pada Rabu pagi, memulai misi pariwisata pertama yang didanai sendiri ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dalam satu dekade.

Kapsul itu lepas landas dari Cosmodrome Rusia di Kazakhstan pada pukul 2:38 pagi ET Rabu, dan dijadwalkan untuk berlabuh dengan ISS sekitar pukul 08:41 ET.

Bergabung dengan Maezawa dalam perjalanan 12 hari di atas ISS adalah kosmonot veteran Rusia Alexander Misurkin, yang akan memimpin misi tersebut, dan asisten produksi Maezawa, dan videografer Yozo Hirano, yang akan merekam video sang maestro saat ia melayang di sekitar stasiun luar angkasa yang mengorbit .
“Saya sangat ingin tahu ‘seperti apa kehidupan di luar angkasa’? Jadi, saya berencana untuk mencari tahu sendiri dan berbagi dengan dunia di saluran YouTube saya,” kata Maezawa dalam sebuah pernyataan baru-baru ini.

Baca Juga : Lebih Dekat dengan Peugeot 3008 dan 5008 Facelift

Misi ini mencontohkan perubahan drastis yang telah diambil oleh industri luar angkasa global dalam dekade terakhir. Misi wisata luar angkasa semacam itu telah terjadi sebelumnya — yaitu delapan misi serupa untuk pencari sensasi yang diluncurkan ke ISS pada tahun 2000-an, semuanya diselenggarakan di atas kapsul Soyuz oleh perusahaan Space Adventures yang berbasis di AS.

Tetapi misi semacam itu terhenti setelah program Pesawat Ulang-alik NASA pensiun pada 2011, meninggalkan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia sebagai satu-satunya pilihan untuk mengangkut astronot profesional ke ISS.

Tapi sekarang, SpaceX Elon Musk telah turun tangan untuk menyediakan transportasi tambahan ke stasiun luar angkasa bagi astronot AS, membebaskan ruang bagi wisatawan. Dan sektor pariwisata luar angkasa yang lebih luas sedang booming. Perjalanan baru-baru ini ke luar angkasa untuk para petualang yang kayaraya termasuk perjalanan penggalangan dana amal untuk empat turis di atas kapsul SpaceX Dragon pada bulan September, dan beberapa perjalanan ke luar angkasa — termasuk oleh miliarder pendiri perusahaan antariksa Jeff Bezos dan Richard Branson — dalam perjalanan roket suborbital singkat yang menyapu tepi ruang.

Baca Juga   Baru 3,5 Persen Populasi Penduduk di Afrika yang Divaksin

ISS telah menyambut beberapa pemula luar angkasa tahun ini. Seorang aktris dan sutradara Rusia menghabiskan 12 hari di stasiun luar angkasa pada bulan Oktober untuk memfilmkan bagian dari sebuah film dalam sejarah pertama.

Anda mungkin juga mengenali nama Maezawa, saat ia pertama kali menjadi berita utama internasional pada tahun 2018 dengan mengumumkan rencana terpisah untuk menumpang pesawat luar angkasa SpaceX yang akan datang, yang disebut Starship, ke bulan segera setelah tahun 2023 , bersama delapan seniman pilihan Maezawa . Rencana itu masih dalam pengerjaan, tetapi ia tampaknya memilih untuk membuat kakinya basah secara metaforis di lingkungan perjalanan ruang angkasa dengan memesan misi ini ke ISS juga, yang mengorbit hanya beberapa ratus mil di atas Bumi.

Tidak jelas berapa banyak Maezawa, yang membuat kekayaannya dengan situs e-commerce Jepang Zozotown, membayar untuk misi tersebut. Space Adventures, yang merencanakan penerbangan Maezawa serta penerbangan pariwisata ISS tahun 2000-an, menolak menyebutkan angkanya. Penerbangan Space Adventures sebelumnya ke ISS telah menelan biaya antara $20 juta dan $40 juta, Tom Shelley, presiden perusahaan, mengakui dalam sebuah wawancara dengan CNN Business.

Namun dia menambahkan bahwa harga pasar saat ini lebih pada kisaran $50 juta hingga $60 juta.
“Jumlahnya pasti mencapai puluhan juta dolar,” kata Shelley.

Shelley juga mencatat bahwa setelah jeda yang lama, Space Adventures telah melihat perubahan drastis dalam kesadaran publik tentang peluang penerbangan luar angkasa.

“Ketika kami melakukan ini 10, 15 tahun yang lalu … banyak orang tidak menyadari bahwa terbang ke luar angkasa sebagai warga negara adalah mungkin,” katanya. “Tapi sekarang – datang 2021 – benar-benar ada kesadaran yang tinggi di pasar, jadi diskusinya berbeda.”

Baca Juga   Menurut Ilmuwan China, Manusia akan Selamanya Berdampingan dengan Covid-19

Maezawa dan Hirano, keduanya pemula dalam penerbangan luar angkasa, harus mengikuti rejimen pelatihan tiga bulan untuk penerbangan mereka, dan Maezawa membagikan cuplikan pengalamannya yang tidak selalu menyenangkan di media sosial .

Tetapi pelatihannya kurang intens dibandingkan beberapa misi awal, kata Shelley.
“Ketika [jutawan] Dennis Tito terbang kembali pada tahun 2001 , pelatihannya cukup lama. Saya pikir itu enam bulan atau lebih, karena tidak ada yang benar-benar melakukannya sebelumnya,” katanya. “Selama bertahun-tahun, kami telah mampu memangkas sebagian lemak dari persyaratan pelatihan.”

Maezawa, Hirano, dan Misurkin akan kembali dari ISS pada 19 Desember, terbang dengan kapsul Soyuz yang sama dengan perjalanan pertama mereka. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, mereka akan terjun payung ke pendaratan di daerah terpencil Kazakhstan, seperti prosedur standar untuk penerbangan Soyuz.