Deretan Sungai Terpanjang di Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
1.1 Sungai | Buliran.com

KEKAYAAN alam di Nusantara memang sudah tak diragukan lagi. Ragam bentang alam mulai dari pegunungan, perairan yang luas, danau, dan juga sungai-sungai menakjubkan bisa ditemukan terbentang dari Sabang hingga Merauke.

4. Jembatan | Buliran.com

Sebagai negara yang juga terkenal akan kekayaan bahari-nya, sungai memegang peranan penting dalam perkembangan bangsa, mulai dari sumber peradaban, jalur transportasi dan perdagangan, hingga pariwisata. Untuk itu, kali ini kita akan membahas deretan sungai-sungai terpanjang yang ada di Indonesia!

Berikut daftarnya :

1. Sungai Indragiri

Lokasi: Sumatera Barat – Riau
Panjang: 500 km

Sungai Indragiri dikenal juga dengan nama Batang Ombilin, Batang Kuantan atau Sungai Kuantan. Berlokasi di Kabupaten Kuantan Sengingi, Riau, sungai terpanjang di Provinsi Riau ini berhulu di Danau Singkarak yang ada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

2. Sungai Digul

Lokasi: Papua
Panjang: 525 km

Sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya berada di daratan Papua. mata air di lereng selatan Pegunungan Maoke aliran sungai Digul kemudian bermuara di Laur Arafura. Sebagian besar aliran sungai ini melintasi wilayah dataran rendah rawa-rawa serta membentuk suatu delta dekat pulau Dolak yang kini juga dikenal dengan nama Pulau Yos Sudarso.

Selain itu, keberadaan sungai ini juga memiliki rekam jejak sejarah karena rawa-rawa pada bagian hulu sungai Digul yang dalam bahasa Belanda dulu dikenal dengan nama “Boven-Digoel” merupakan tempat hukuman koloni di Tanahmerah pada awal abad ke-20 di masa kolonialisasi Belanda.

3. Sungai Bengawan Solo

Lokasi: Jawa Tengah – Jawa Timur
Panjang: 548 km

Menjadi sungai terpanjang di Pulau Jawa, Bengawan Solo memiliki dua hulu dari daerah Pegunungan Sewu, Wonogiri dan Ponorogo serta bermuara di daerah Gresik. Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, Bengawan Solo memiliki popularitas yang cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat melaluinya namanya yang kerap muncul di berbagai karya sastra, seni, bahkan film.

Baca Juga   Melancanong ke Papua, JanganLupa Sagu Bakar Tiga Rasa

4. Sungai Mamberamo

Lokasi: Papua
Panjang: 670 km

Sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya masih berada di daerah timur Indonesia, yakni Sungai Mamberamo yang berlokasi di Papua. Sungai terpanjang di daratan Papua ini berhulu di Pegunungan Jayawijaya sebelum kemudian alirannya bermuara ke Samudera Pasifik.

Nama Mamberamo sendiri berasal dari bahasa Dani, yakni “mambe” berarti ‘besar’ dan “ramo” berarti ‘air’. Melintasi rimba liar dengan keanekaragaman hayati yang sangat kaya, membuat Mamberamo kerap dijuluki sungai Amazon-nya Papua.

5. Sungai Musi

Lokasi: Sumatera Selatan
Panjang: 750 kilometer

Sungai Musi merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang berada di Sumatera Selatan. Sungai ini membentang dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian yakni Ulu dan Ilir dan dihubungkan oleh Jembatan Ampera yang menjadi landmark dari Kota Palembang.

Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya, Sungai Musi telah menjadi salah satu sarana transportasi di wilayah selatan Pulau Sumatera ini. Hingga kini Toppers juga masih bisa melihat kapal-kapal dan perahu yang melintasi aliran salah satu sungai terpanjang di Indonesia.

6. Batang Hari

Lokasi: Sumatera Barat – Jambi
Panjang: 800 kilometer

Menjadi sungai terpanjang di pulau Sumatera, Batang Hari atau Sungai Hari yang sering juga disebut sungai Batanghari memiliki peranan penting dalam sejarah peradaban Melayu dimana di daerah aliran sungai inilah dahulu pernah lahir kerajaan-kerajaan Melayu yang besar.

Mata air sungai ini sendiri berasal dari Gunung Rasan sebelum melintasi beberapa kota dan kabupaten di Sumatera Barat dan Jambi dan lepas di perairan timur sumatera dekat Muara Sabak.

7. Sungai Barito

Lokasi: Kalimantan Tengah – Kalimantan Selatan
Panjang: 890 kilometer

Sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya adalah Sungai Barito atau dikenal juga dengan nama Sungai Dusun. Berhulu di pegunungan Schwaner di provinsi Kalimantan Tengah, sungai Barito kemudian bertemu dengan muara sungai Negara di provinsi Kalimantan Selatan.

Baca Juga   Kimpul Festival, Ajang Pengenalan Makanan Olahan Jatijajar

8. Sungai Mahakam

Lokasi: Kalimantan Timur
Panjang: 920 kilometer

Bermuara di Selat Makassar, Sungai Mahakam adalah sungai terpanjang yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Sejak dahulu, Sungai Mahakam berperan penting dalam kehidupan masyarakat sekitar sebagai sumber air, potensi perikanan maupun sebagai prasarana transportasi.

Di sungai ini juga terdapat spesies mamalia air yang sudah terancam punah keberadaannya yakni Pesut Mahakam.

9. Sungai Kapuas

Panjang: 1.143 kilometer
Lokasi: Kalimantan Barat

Dengan bentang mencapai 1.143 kilometer, Sungai Kapuas memegang gelar sebagai sungai terpanjang yang ada di Indonesia. Memiliki mata air yang berasal dari Pegunungan Muller dan bermuara di Selat Karimata, Sungai Kapuas menjadi salah satu jalur transportasi air.

Beberapa daerah aliran sungai ini juga menjadi tempat bermukimnya suku-suku Dayak dan Melayu yang ada di Kalimantan.***