Mengenal 10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Jakarta 2 | Buliran.com

GEDUNG pencakar langit pada dasarnya adalah bangunan berupa gedung atau tower dengan ketinggian di atas rata-rata bangunan lain yang ada di sekitarnya. Istilah ini digunakan karena gedung tersebut seakan-akan menembus langit dan awan.

Di setiap negara terdapat gedung-gedung pencakar langit yang berdiri kokoh menjulang ke atas. Deretan gedung yang disebut sebagai skyscraper ini mempunyai beragam fungsi berbeda-beda. Beberapa gedung pencakar langit tertinggi di dunia ada yang berfungsi sebagai kantor, hotel atau bahkan residensial.

3. Gedung | Buliran.com

Beberapa gedung tertinggi di dunia memang difungsikan untuk aktivitas sehari-hari seperti perkantoran atau hotel. Namun gedung-gedung yang menjulang tinggi ini juga bisa menjadi icon sebuah negara. Bangunan-bangunan tinggi tadi bisa menjadi destinasi wisata yang dapat mengundang wisata mancanegara untuk sekadar berkunjung dan berfoto dengan latar belakang menara tersebut.

Ternyata, dari 10 gedung pencakar langit di dunia, sembilan diantaranya berada di kawasan Asia dengan China sebagai penyumbang terbanyak melalui  empat gedung tingginya. Amerika Serikat yang selalu mengklaim diri sebagai negara adidaya sejagad hanya tercatat memiliki satu dari 10 gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Berikut deretannya :

1. Burj Khalifa, Dubai

Gedung tertinggi di dunia yang pertama adalah Burj Khalifa. Gedung ini berlokasi di Dubai. Gedung ini mempunyai ketinggian mencapai 828 meter dengan memiliki 163 lantai. Dengan ketinggian tersebut, gedung ini cukup rentan tersambar petir.

3.1 Burj Khalifa Dubai | Buliran.com

Gedung Burj Khalifa dioperasikan sebagai perkantoran, hotel, hingga residensial. Sebagai gedung yang juga difungsikan untuk kegiatan dan aktivitas niaga serta hunian, gedung ini bisa menampung hingga 35 ribu orang.

Pembangunan gedung ini memakan waktu 5 tahun mulai dari 6 Januari 2004 hingga 1 Oktober 2009, dan diresmikan pada 2010. Gedung yang bergaya neo-futurism ini mempunyai 24.000 jendela dan 26.000 panel kaca pada bagian taman.

Baca Juga   Biadab, Guru Olahraga "Garap" 3 Siswi SD di Ruang Perpustakaan

2. Tokyo Skytree, Jepang

Setelah Burj Khalifa ada Tokyo Skytree, sebuah menara dan bangunan tertinggi kedua di dunia dan tertinggi pertama di Jepang dengan total ketinggian 634 meter. Menara ini berlokasi di Sumida, Tokyo 131-0045, Jepang. Bangunan ini dioperasikan sebagai menara observasi, hotel, wisata dan menara pemancar sinyal yang baru di Jepang.

3.2 Tokyo Skytree Jepang | Buliran.com

Tower ini diklaim anti gempa karena dilengkapi dengan teknologi terbaru. Menurut developer menara, Skytree bisa menyerap 50% guncangan. Gempa bumi Tohoku pada 11 Maret 2011 lalu menjadi salah satu bukti bahwa gedung ini anti gempa. Setelah dilakukan pemeriksaan, tidak ada kerusakan struktur yang signifikan dari menara tersebut.

3. Shanghai Tower, China

Bangunan Shanghai Tower bertengger pada posisi ketiga untuk gedung tertinggi di dunia. Gedung ini mempunyai ketinggian 632 meter dan berlokasi di Pudong, Shanghai, China. Menurut informasi dari Liputan6, gedung ini dioperasikan sebagai area bisnis perkantoran, 320 kamar hotel Four Season, hunian masyarakat dan juga destinasi wisata.

3.3 Shanghai Tower China | Buliran.com

Desain menara ini berbentuk spiral yang melambangkan budaya Tiongkok modern yang dinamis. Gedung ini diklaim mempunyai kemampuan anti gempa. Ketika terjadi gempa, bangunan ini hanya akan bergoyang mengikuti getaran sehingga tidak jatuh.

4. Menara Abraj Al Bait, Mekkah

Keempat ada Makkah Royal Clock Tower, yang terletak di kota Mekkah. Gedung ini mempunyai ketinggian 601 meter dan dioperasikan sebagai lokasi untuk menampung para jamaah Haji dari seluruh dunia.

3.4 Menara Abraj Al Bait Mekkah | Buliran.com

Menara Abraj Al Bait ini dikenal juga dengan nama Makkah Royal Clock Tower. Hal ini karena pada desain arsitekturnya terdapat jam raksasa yang menghadap ke ka’bah. Menara ini dilengkapi dengan hiasan bulan sabit pada puncak tower dengan bobot 35 kilogram.

Baca Juga   Asida, Cemilan Khas Maluku nan Menggugah Rasa

5. Ping An Finance Center, Shenzhen

Ping An Finance Center merupakan menara dengan tinggi 599 meter yang berdiri kokoh di Shenzhen, Guangdong, Tiongkok. Menara ini berfungsi sebagai ruang kantor, hotel, ritel, pusat konferensi, dan pusat perbelanjaan kelas atas.

3.5 Ping An Finance Center Shenzhen | Buliran.com

Ping An Tower juga merupakan markas besar perusahaan asuransi terbesar yaitu Ping An Insurance Group. Desain pada bangunan mengusung tema elegan. Fasad baja stainless yang berbobot sekitar 1.700 metrik ton menambah kesan dan aksen modern futuristik untuk tower Ping An.

6. Lotte World Tower, Seoul

3.6 Lotte World Tower Seoul | Buliran.com

Gedung Lotte World Tower yang berdiri di Korea Selatan ini mempunyai ketinggian 555,7 meter. Gedung yang menjulang tinggi di area Seoul ini berfungsi sebagai pusat perbelanjaan, area perkantoran, dan hotel. Gedung ini membutuhkan waktu 13 tahun perencanaan dan 6 tahun pembangunan, dan akhirnya resmi dibuka pada 3 April 2017.

7. One World Trade Center, New York City

Selanjutnya ada gedung One World Trade Center di New York City dengan ketinggian hingga puncak yaitu 546 meter. Gedung ini terletak di Manhattan, New York, Amerika Serikat yang mulai dibangun sejak tahun 2006 hingga 2013 dan dioperasikan untuk umum per 2014.

3.7 One World Trade Center New York City | Buliran.com

Gedung One World Trade Center dibangun untuk menggantikan gedung WTC yang sempat hancur pada 11 September 2011. Gedung One WTC menjadi area bisnis dan perkantoran di Manhattan sehingga menjadi salah satu area tersibuk di New York.

8. Guangzhou CTF Finance Center, Guangzhou

3.8 Guangzhou Ctf Finance Center Guangzhou | Buliran.com

Gedung yang mempunyai nama lengkap The Guangzhou Chow Tai Fook Finance Centre ini memiliki ketinggian total 530 meter. Gedung ini menjadi salah satu gedung pencakar langit yang berdiri kokoh di daratan China. Gedung ini berada di pusat kota Guangzhou dan memiliki 111 lantai. Tower ini berfungsi untuk mengakomodasi beberapa aktivitas seperti bisnis dan perkantoran hotel dan juga apartemen sebagai area residensial.

Baca Juga   Hidup di Era Modern, Jangan Lupa 6 Peradaban Kuno Tertua di Dunia

9. China Zun, Beijing

3.9 China Zun Beijing | Buliran.com

Gedung ini mempunyai ketinggian mencapai 527,7 meter dan berada pada area central business district (CBD) di Chaoyang District Beijing, China. Apabila terlihat dari jauh, bangunan ini membentuk bagian cekung di sisi kiri dan kanan. Gedung yang menjadi salah satu skyscraper ini berfungsi sebagai area perkantoran yang mendukung ekonomi di Beijing.

10. International Commerce Centre, Hong Kong

3.10 International Commerce Centre Hong Kong | Buliran.com

Di peringkat 10 ada gedung International Commerce Centre yang berlokasi di Kowloon Barat, Hong Kong. Gedung ini mempunyai total ketinggian 484 meter dan fungsi utama tower ini adalah sebagai pusat perkantoran, hotel, observasi, kantor, garasi parkir, serta ritel. Gedung ini mempunyai 108 lantai yang mulai dibangun pada 2002 dan selesai pada tahun 2010. ***