Spesifikasi Sepeda Motor untuk yang Tinggal di Dataran Tinggi

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Motor 2 | Buliran.com

DATARAN tinggi tentunya memiliki medan yang berbeda dengan jalan dii dataran rendah. Inilah mengapa sangat peting bagi Anda untuk memilih jenis motor yang sesuai untuk dataran tinggi. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih jenis motor tertentu, silahkan menyimak beberapa spesifikasi motor untuk dataran tinggi berikut ini.

Saat ini motor telah menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi banyak orang. Karenanya, tidak heran tingkat penjualan motor selalu meningkat setiap tahunnya.

Sekarang ini pihak produsen motor telah menghadirkan berbagai jenis motor yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan harian Anda. Kali ini akan dibahas mengenai spesifikasi motor untuk dataran tinggi.

Seperti yang diketahui bersama dataran tinggi memiliki kontur permukaan geografis yang lebih menantang bila dibandingkan dengan dataran rendah. Untuk itu Anda wajib mengetahui dan memahami beberapa spesifikasi motor untuk dataran tinggi berikut ini.

Dengan demikian, Anda pun dapat lebih mudah dalam memilih jenis motor yang sesuai dengan kebutuhan harian Anda.

1. Memiliki Tenaga Mesin Yang Powerfull

1. Tenaga | Buliran.com

Salah satu spesifikasi motor untuk dataran tinggi yang harus Anda ketahui adalah memiliki mesin bertenaga besar. Walau bagimanapun, kombinasi besaran torsi dan HP yang dihasilkan oleh mesin motor merupakan dua unsur penting yang membuat motor semakin menyenangkan untuk dikendarai. Terutama bila melaju di daerah dataran tinggi dan membawa banyak muatan.

2. Memiliki Sistem Injeksi

Spesifikasi motor untuk dataran tinggi selanjutnya adalah memiliki sistem injeksi. Sistem ini memiliki kemampuan untuk membuat mesin dapat beradaptasi secara otomatis menyesuaikan dengan kondisi udara dan bahan bakar di motor. Selain itu kaburator lebih rentan perubahan suhu dan tekanan udara.

1.2 Injeksi | Buliran.com

Seperti yang diketahui bersama, suhu daerah dataran tinggi umumnya cenderung lebih rendah. Sehingga karburator akan memberikan imbas kurang baik saat terjadi perubahan suhu. Karena itu sistem PGM-FI merupakan pilihan terbaik bila motor digunakan untuk kondisi geografis berupa dataran tinggi.

Baca Juga   Sapi Kung Fu, Nama Mobil Listrik Terbaru Geely Geometry

3. Mengadopsi Teknologi Blue Core

Selain motor yang menggunakan sistem injeksi, Anda juga dapat menggunakan motor yang telah mengadopsi teknologi Blue Core. Ini menjadi spesifikasi motor untuk dataran tinggi berikutnya yang harus Anda ketahui.

1.3 Teknologi Blue Core | Buliran.com

Motor yang menggunakan teknologi ini memiliki tarikan yang lebih responsif sekaligus lebih mudah dalam perawatannya.

4. Memiliki Suspensi Teleskopik

1.4 Suspensi Teleskopik | Buliran.com

Spesifikasi motor untuk dataran tinggi lainnya adalah penggunaan suspensi teleskopik.pada dasarnya suspensi berfungsi untuk meredam kejutan dan getaran. Suspensi tipe teleskopik lebih mudah dalam hal perawatannya selain itu posisi as suspensi yang ada di bawah diletakan di bagian atas, sehingga potensi gesekan terkena ranting, atau benda tajam bisa diminimalisir.

5. Desain Body Yang Ramping

Selanjutnya spesifikasi motor untuk dataran tinggi yaitu memiliki desain body yang ramping. Secara umum, dataran tinggi biasanya memiliki medan yang lebih terjal.

1.5 Ramping | Buliran.com

Sehingga motor dengan desain body yang ramping tentunya lebih memudahkan bila dibandingkan dengan motor dengan body bongsor. Namun pada dasarnya hal ini kembali lagi ke selera dan kebutuhan Anda.

6. Adanya fitur ABS (Anti Lock Breaking)

Fitur ABS menjadi spesifikasi motor untuk dataran tinggi berikutnya. Anti-Lock Breaking System sendiri adalah sebuah fitur keselamatan untuk mencegah roda mengunci saat mengerem mendadak sehingga mencegah motor tergelincir saat melewati jalanan licin maupun jalanan basah.

1. Rem Abs | Buliran.com

Teknologi ABS ini dapat mengurangi resiko kecelakaan yang disebabkan pengereman yang kurang optimal.***