Budaya  

Mampu Hipnotis Mata Dunia, Inilah 5 Rumah Adat Tercantik di Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
6. Rumah Adat | Buliran.com

INDONESIA memiliki kekayaan alam dan budaya yang berlimpah. Salah satunya nampak pada deretan rumah adat tercantik yang dimiliki masing-masing daerah. Berikut 5 di antaranya!

1. Rumah Gadang, Sumatera Barat

Tak dipungkiri, inilah rumah adat tercantik dan terunik di Indonesia, karya arsitektur Ranahminang ini sering dijumpai di tengah masyarakat Sumatera Barat. Di samping berfungi sebagai tempat tinggal, bangunan ini juga sering difungsikan sebagai tempat pertemuan keluarga serta pelaksanaan upacara adat. Sering dianggap sebagai bangunan suci, setiap orang yang hendak naik ke sini harus terlebih dahulu mencuci kaki dan melepas alas kaki.

6.1 Rumah Gadang Sumatera Barat | Buliran.com

Bentuk Rumah Gadang sering diibaratkan seperti bentuk kapal. Bentuk atapnya mempunyai lengkungan-lengkungan khas yang mengarah ke atas menyerupai tanduk kerbau dengan jumlah lengkung empat hingga enam. Bahan atapnya berasal ijuk, sementara dindingnya menggunakan kayu kualitas terbaik.

2. Rumah Joglo, Jawa

Pada umumnya, rumah adat Jawa memiliki kemiripan satu sama lain. Namun secara khusus, Rumah Joglo adalah bangunan yang paling unik dan khas, mengingat kepemilikannya selalu dikaitkan dengan bangsawan atau keluarga kraton.

6.2 1 Rumah Joglo Jawa | Buliran.com

Atap utama Joglo memiliki bentuk lebih curam dengan bubungan yang lebih pendek daripada rumah Limasan. Di empat tiang utama yang menopang langit-langit, terdapat susunan tiang berlapis-lapis yang diartikan sebagai ‘tumpang sari’. Untuk diketahui, bangunan asli tidak boleh dirubah, sebab dipercaya, jika melanggar aturan ini akan membawa malapetaka.

3. Rumah Tradisional Bali

Ada beberapa jenis rumah tradisional Bali yang semuanya memiliki kecantikan dan keeksotisan tiada tara. Salah satu contohnya adalah angkul-angkul, bangunan berbentuk gapura dengan atap di atasnya yang berfungssi sebagai pintu masuk.

6.3 Rumah Tradisional Bali | Buliran.com

Selain itu, ada juga Bale Manten yang diperuntukkan untuk anak perempuan dan kepala keluarga. Bangunan ini berbentuk persegi panjang dan biasa dihiasi dengan dekorasi khas Bali. Biasanya rumah adat ini dibuat dari kombinasi batu dan kayu.

Baca Juga   Feni Efendi, Terima Penghargaan dari Pemko Payakumbuh dan Denai TV

4. Rumah Mbaru Niang, NTT

Rumah adat tercantik yang satu ini hanya dapat ditemukan di desa Wae Rebo, Flores, NTT. Memiliki tinggi hingga 5 lantai, Mbaru Niang dibentuk menyerupai kerucut dengan atap yang hampir menyentuh tanah.

1. Rumah 1 | Buliran.com

Bahan yang digunakan untuk membangun atap adalah daun lontar yang jumlahnya bisa mencapai ratusan helai. Sementara itu untuk rangka rumah, bahan yang dipakai adalah kayu worok dan bambu. Pembangunannya sendiri tidak menggunakan paku dan alat perekat apapun selain tali.

5. Rumah Tongkonan, Toraja

Berpindah ke Tana Toraja, rumah adat semacam ini akan menyambut Teman Traveler setiap berkunjung ke Sulawesi Selatan. Atapnya melengkung menyerupai perahu dan terbuat atas susunan bambu. Di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau yang menunjukkan status sosial empunya rumah.

6.5 Rumah Tongkonan Toraja | Buliran.com

Rumah Tongkonan sendiri berfungsi sebagai tempat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, sesuai dengan namanya, ‘tongkon’ artinya ‘duduk bersama-sama’. Uniknya lagi, di depan rumah biasanya terdapat lumbung padi yang disebut ‘alang‘, mengingat profesi masyarakat Toraja yang sebagian besar adalah petani. ***