Ternyata di Indonesia Ada Kota Berusia Ribuan Tahun Lho Guys!

Avatar Of Teddy Chaniago
1.1 Cantik | Buliran.com

MESKiPUN Indonesia baru berusia 76 tahun, ternyata ada banyak kota di Indonesia yang berusia ratusan bahkan ribuan tahun, lho. Penasaran kota apa saja yang masuk jajaran kota tertua di Indonesia?

1. Kota | Buliran.com1. Kota 1 | Buliran.com

Menurut buku Asal-usul Kota-kota di Indonesia Tempo Doeloe yang ditulis oleh Zaenuddin HM dan beberapa sumber lainnya, kota-kota ini berada di kawasan barat, tengah, dan timur Indonesia. Ternyata kota tertua itu bukanlah Jakarta, Bandung, Medan atau Makassar.

Berikut kami sajikan 12 deretan kota-kota tertua di persada Nusaantara :

1. Kota Palembang

Merupakan ibu kota Provinsi Sumatra Selatan, Kota Palembang adalah kota tertua di Indonesia. Hal ini dikarenakan Palembang dianggap sebagai salah satu pusat dari Kerajaan Sriwijaya yang sudah ada sejak abad ke-7.

1. 1 Kota Palembang | Buliran.com

Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang, Palembang dibentuk sebagai wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada 16 Juni 682 Masehi. Dengan begitu, saat ini Kota Palembang sudah berusia 1.339 tahun.

2. Kota Salatiga

Dikutip dari situs resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Salatiga, sejarah Kota Salatiga bersumber dari Prasasti Plumpungan yang berada di Dukuh Plumpungan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo.

1.2 Kota Salatiga | Buliran.com

Berdasarkan prasasti tersebut, Kota Salatiga sudah ada sejak 24 Juli 750 sebagai wilayah perdikan. Pemberian perdikan merupakan hal yang istimewa pada masa itu dan tidak setiap daerah kekuasaan bisa dijadikan daerah Perdikan.

Dengan begitu, 24 Juli 750 ditetapkan sebagai hari jadi Kota Salatiga yang dimuat dalam Peraturan Daerah Tingkat II Nomor 15 Tahun 1955 Tentang Hari Jadi Kota Salatiga. Sampai saat ini Kota Salatiga sudah berusia 1.271 tahun dan membuatnya masuk dalam kota tertua di Indonesia.

Baca Juga   Mesin Ketik IBM Selectric Anda Bermasalah? Begini Solusinya

3. Kota Kediri

Berdirinya Kota Kediri ditetapkan pada 27 Juli 879 Masehi. Jika dihitung, saat ini Kota Kediri yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini sudah berumur 1.142 tahun.

1.3 Kota Kediri | Buliran.com

Dimuat dalam situs resmi Pemerintah Kota Kediri, hari jadi Kota Kediri ini ditetapkan berdasarkan Prasasti Kwak yang ditemukan pada 1892.

4. Kota Magelang

Kota Magelang, Jawa Tengah merupakan kota tertua di Indonesia selanjutnya yang saat ini usianya sudah menginjak 1.114 tahun, lho. Berdasarkan Paraturan Daerah Kota Magelang Nomor 6 Tahun 1989, hari jadi Kota Magelang ditetapkan pada 11 April 907.

1.4 Kota Magelang | Buliran.com

Dilansir dari situs resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, kota ini mengawali sejarahnya sebagai desa perdikan Mantyasih yang saat ini dikenal dengan Kampung Meteseh di Kelurahan Magelang.

Penetapan ini diperkuat dengan ditemukannya lumping batu yang diyakini sebagai tempat upacara penetapan Sima atau Perdikan.

5. Kota Banda Aceh

Dilansir dari situs resmi Pemkot Banda Aceh, kota ini dibangun oleh Sultan Johan Syah pada Jumat, 1 ramadhan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi. Dengan demikian, saat ini Kota Banda Aceh sudah berusia 816 tahun.

1.5 Kota Banda Aceh | Buliran.com

Selain menjadi salah satu kota tertua di Indonesia, Banda Aceh juga merupakan salah satu kota Islam tertua di Asia Tenggara, lho.

6. Kota Surabaya

1.6 Kota Surabaya | Buliran.com

Merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur, kini Surabaya sudah berusia 728 tahun, lho. Hari jadi Kota Surabaya ditetapkan pada 31 Mei 1293 bertepatan dengan kemenangan pasukan Majapahit yang dipimpin Raden Wijaya atas pasukan kerajaan Mongol utusan Kubilai Khan.

7. Kota Bau-bau

Kota ini terletak di Pulau Buton, Sulawesi Utara dengan luas wilayah 295.072 km2. Meskipun baru mendapat status kota pada 21 Juni 2001 dalam UU No. 13 Tahun 2001, Kota Bau-Bau sebenarnya sudah didirikan pada 17 Oktober 1541.

Baca Juga   Candi Borobudur Tak Lagi Tercatat Sebagai Keajaiban Dunia

1.7 Kota Bau Bau | Buliran.com

Hal tersebut dikarenakan, Kota Bau-Bau diyakini merupakan pusat Kerajaan Buton (Wolio) yang berdiri pada awal abad ke-15 (1401-1499). Salah satu bukti peninggalan yang bisa ditemui adalah objek wisata Kompleks Keraton Buton yag menjadi bukti peninggalan sejarah kejayaan Kesultanan Buton beratus-ratus tahun yang lalu.

8. Kota Ambon

Cikal bakal terbentuknya Kota Ambon bermula pada 1575 ketika Benteng Portugis yang disebut Benteng kota Laha atau Ferangi dibangun di Pantai Honipopu. Setelah dibangun, ada berbagai kelompok masyarakat yang dikenal dengan nama Soa Ema, Soa Kilang, Soa Silale, Hative, Urimessing, dan sebagainya mendiami daerah sekitar benteng.

1.8 Kota Ambon | Buliran.com

Kemudian, dalam perkembangannya kelompok-kelompok masyarakat tersebut telah berkembang menjadi masyarakat teritorial yang teratur. Dengan begitu, hari jadi Kota Ambon jatuh pada 7 September 1575 dan saat ini usianya sudah memasuki 446 tahun.

9. Kota Tegal

Kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini masuk dalam daftar kota tertua di Indonesia, nih. Dilansir dari situs resmi Pemkot Tegal, 12 April 1580 ditetapkan sebagai hari jadi Kota Tegal dan dimuat dalam Peraturan Daerah No.5 Tahun 1988.

1.9 Kota Tegal | Buliran.com

Tanggal tersebut bertepatan dengan pengangkatan Ki Gede Sebayu sebagai Demang atau pemimpin daerah karena keberhasilannya membangun kota Tegal.

10. Kota Padang

Kota padang merupakan kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatra sekaligus menjadi ibu kota Provinsi Sumatra Barat. Sudah berusia 352 tahun, hari jadi Kota Padang ditetapkan pada 7 Agustus 1669.

1.10 Kota Padang | Buliran.com

Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan terjadinya pergolakan masyarakat Pauh dan Koto Tangah melawan monopoli VOC.

11. Kota Gorontalo

Kota ini lahir pada 18 Maret 1728 Masehi atau bertepatan dengan Kamis, 06 Sya’ban 1140 Hijriah. Jika dihitung, sampai saat ini Kota Gorontalo sudah berusia 293 tahun, lho.

Baca Juga   Jepa, "Pizza" dari Tanah Mandar

1.11 Kota Gorontalo | Buliran.com

Berdasarkan catatan sejarah, wilayah Gorontalo sudah terbntuk kurang lebih 400 tahun yang lalu dan merupakan salah satu kota tertua di Sulawesi selain Kota Makassar, Pare-Pare, dan Manado.

12. Kota Pontianak

Kota Pontianak didirikan oleh Syarif Abdurrahman pada 23 Oktober 1771 atau 14 Rajab 1185 Hijriah. Pada tanggal tersebut, rombongan Syarif Abdurrahman Alkadrie membuka hutan di persimpangan tiga Sungai Landak Sungai Kapuas Kecil dan Sungai Kapuas untuk mendirikan balai dan rumah sebagai tempat tinggal yang diberi nama Pontianak.

1.12 Kota Pontianak | Buliran.com

Kemudian, pada 1778, Syarif Abdurrahman dinobatkan menjadi sultan Pontianak pertama. Letak pusat pemerintahannya ditandai dengan berdirinya Masjid Jami yang kini bernama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman dan Istana Kadariah yang kini terletak di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur. ***