Sensasi Beda, Udang Selingkuh Beragam Rasa dari Sorong

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Udang | Buliran.com

BANYAK kuliner lezat di Sorong, Udang Selingkuh adalah salah satunya. Meski lebih terkenal sebagai kuliner Wamena namun Udang Selingkuh juga banyak dijajakan di beberapa restoran di Sorong.

Bagi kalian yang belum pernah ke Papua pasti merasa asing dengan nama kuliner ini. Namanya memang cukup membuat banyak orang penasaran. Nama ini sendiri muncul karena warga setempat menganggap udang ini adalah persilangan antara udang dan kepiting karena wujudnya yang unik dengan capit yang besar.

10.3 Udang | Buliran.com

Udang ini banyak ditemukan di Sungai Baliem dan memiliki nama latin ‘cherax albertisii’ dengan kandungan protein hewani yang bagus.

Udang Selingkuh biasanya diolah dengan sederhana. Hanya digoreng atau direbus saja. Lalu dicocol di sambal tomat dan disantap dengan nasi panas dan selada. Cara masak ini banyak dipilih karena udang terasa lebih segar saat dinikmati.

10.1 Udang | Buliran.com

Bagi wisatawan yang ingin merasakan udang selingkuh dengan beragam saus juga bisa pesan, seperti saus lada hitam, saus asam manis, saus tiram, dan saus padang.

Yang jelas, satu porsi Udang Selingkuh harganya cukup mahal. Mulai dari Rp 90 ribu hingga Rp 300 ribu. Tergantung ukuran dan berat udang. Satu piring biasanya berisi 5-6 udang, dengan ukuran yang lebih besar.

10.2 Udang | Buliran.com

Udang Selingkuh paling enak dinikmati dengan tumis kangkung dan nasi goreng. Berbagai restoran biasanya merekomendasikan untuk menikmatinya dengan dua hidangan ini karena biasanya masyarakat setempat juga menikmatinya dengan hidangan ini.

Baca Juga   Rendang, Si Jadul yang Mendunia