Profil Provinsi Papua Barat

Avatar Of Teddy Chaniago
2. Pantai | Buliran.com

PROVINSI PAPUA BARAT disingkat Pabar atau PB, dahulunya disebut juga dengan nama Irian Jaya Barat.  Saat ini, wilayah tersebut telah menjelam menjadi sebuah provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Papua. Wilayah Papua Barat mencakup Semenanjung Domberai, Bomberai, Wondiwoi, serta Kepulauan Raja Ampat.

Ibukota dari provinsi ini adalah Manokwari, namun kota terbesar di daerah ini justru berada di Sorong. Provinsi ini dimekarkan dari Provinsi Papua melalui Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999.

2. Papua | Buliran.com

Pada awalnya pembentukan provinsi ini mendapatkan penolakan dari masyarakat sehingga implementasi dari pemekaran ini baru dilaksanakan melalui Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2003.

Walaupun pada 11 November 2004 Mahkamah Konstitusi menyatakan bahwa dasar hukum pembentukan Provinsi Irian Jaya Barat sudah tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat, namun keberadaan provinsi ini dinyatakan tetap sah.

2. Kantor | Buliran.com

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007, nama Irian Jaya Barat diubah menjadi Papua Barat. Papua Barat sebagai pemekaran dari Provinsi Papua merupakan provinsi yang memiliki status otonomi khusus.

Wilayah provinsi ini mencakup kawasan kepala burung Pulau Papua dan kepulauan-kepulauan di sekelilingnya. Di sebelah utara, provinsi ini dibatasi oleh Samudra Pasifik. Di bagian barat berbatasan dengan provinsi Maluku Utara dan provinsi Maluku.

2. Logo | Buliran.com

Sementara di bagian timur dibatasi oleh Teluk Cenderawasih dan di sebelah selatan berbatas dengan Laut Seram. Provinsi Papua menjadi batas provinsi ini di sebelah tenggara. Batas Papua Barat hampir sama dengan batas Afdeling (“bagian”) West Nieuw-Guinea (“Guinea Baru Barat”) pada masa Hindia Belanda. Provinsi ini dibagi dalam beberapa kabupaten dan Kota.

Baca Juga   Profil Provinsi Sulawesi Utara