Daerah  

Guys, Ini Lho 20 Daerah Paling Makmur di Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Peta | Buliran.com

BEBERAPA waktu lalu, laman berita online Beritagar.id melansir laporan mengenai 20 kota atau kabupaten paling makmur di Indonesia pada 2019.

Data yang diolah ini diambil dari data Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional) yang dilakukan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) pada 2018.

Setelah melakukan pengolahan data, ada 20 kota atau kabupaten yang dianggap paling makmur di Indonesia. Tingkat kemakmuran sebuah kota atau kabupaten dihitung lewat indikator pendapatan per kapita.

Pendapatan per kapita ini merupakan kalkulasi dari produk domestik regional bruto (PDRB) yang dibagi dengan jumlah penduduk.

1. Maju | Buliran.com

Hasil dari penghitungan ini memang bisa berbeda dengan opini orang awam yang tidak memahami ekonomi makro. Ada sejumlah kota dengan skala ekonomi besar dan juga PDRB yang besar seperti Medan, Makassar, Palembang, dan Bandung.

Namun, kota-kota tersebut malah tidak masuk dalam daftar 20 kota paling makmur di Indonesia. Masalahnya jumlah penduduk yang menjadi faktor pembagi juga besar sehingga pendapatan per kapita pun menjadi kecil.
Kota dan kabupaten yang masuk ke dalam daftar kota terkaya di Indonesia ini memang beragam.

Ada beberapa kota dan kabupaten yang dikenal seperti Jakarta atau kota-kota besar lainnya seperti Surabaya.

Empat wilayah di Jakarta masuk daftar, nama wilayahnya pun relatif dikenal, namun uniknya Jakarta Barat dan Timur tidak masuk. Namun, ada juga sederetan nama daerah yang terdengar asing, beberapa di antaranya kota atau kabupaten baru.

Baca Juga   Pemkot Bukittinggi Ingatkan Warga Waspada Corona