Anda Perlu Tahu Guys, Mobil-mobil Ini Bisa “Berenang” di Air

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Mobil | Buliran.com

EKSPEKTASI manusia tentang mobil saat ini, telah berubah melampaui nalar. Mobil tak hanya handal melibas jalanan beraspal, namun mobil “harus bisa” berenang dan terbang. Luar biasa bukan !

5. 0. Mobil | Buliran.com

Nah, untuk mobil yang punya kemampuan berenang di air, sudah ada jawabannya. Kali ini kami akan mengulas mobil amfibi juga mampu berfungsi seperti boat alias perahu bermesin yang mengapung saat jalanan tertutup air hingga seperti danau.

1. Amphicar

Amphicar berakar pada Perang Dunia II, dimana dalam situasi perang diperlukan kendaraan yang bisa mendukung sebuah pasukan. Ada upaya eksperimental dalam menciptakan kendaraan multi-fungsi, salah satu hasilnya adalah Amphicar.

Amphicar adalah karya dari dua orang yang sangat mengagumi VW Schwimmwagen. Mereka adalah Harald Quandt dan Hans Trippel. Selain Type 166, keduanya adalah sosok yang bertanggung jawab pada desain pintu gullwing legendaris di Mercedes-Benz 300SL.

5.1 Amphicar | Buliran.com

Produksinya dimulai pada 1961, dengan menggunakan mesin Triumph Herald 1200. Memiliki 43 tenaga kuda dan kecepatan tertinggi 70 mph di darat dan kecepatan air 7 knot.

Perusahaan Amphicar, Quant, pernah memproduksi mobil Amphicar dengan jumlah 20.000 unit setahun. Tapi, hanya terjual kurang dari 4.000, dan terus mengalami penurunan.

Sebuah peraturan keamanan diperkenalkan di Amerika Serikat pada 1968 yang melarang keberadaan Amphicar. Berarti, pada 1967 adalah tahun terakhir Amphicar diimpor ke AS. Pabrik Amphicar ini ditutup pada 1968, dan langsung mengakhiri kisah salah satu kendaraan yang sebenarnya tidak perlu dibuat.

Baca Juga   Suara Mesin Mobil Anda Berdengung Saat Digas, Mungkin Ini Penyebabnya