Daerah  

11 Kabupaten Berukuran Mini di Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Lokasi11 | Buliran.com

UKURAN luas sebuah wilayah di Indonesia kerap kali berubah seiring dengan adanya pemekaran di sejumlah wilayah.

Nah, berdasarkan QGIS dengan menggunakan data shp batas administasi dari BPS tahun 2016, perhitungan luas dengan satuan hektare pada proyeksi World Cylindrical Equal Area (WCEA), sphere tetap WGS 1984.

WCEA ini dipilih dengan pertimbangan jika menggunakan UTM, maka akan mendistorsi beberapa kabupaten yang masuk lebih dari satu zona dan proyeksi ini sangat cocok untuk wilayah khatulistiwa (equator).

Kriteria terkecil di sini adalah luas wilayah kabupaten pada proyeksi WCEA <50.000 ha, maka didapatlah 11 kabupaten dengan ukuran mini di persada ini.

Hasil ini tentu bukan bersifat resmi, karena dari pengamatan yang dikutip dari lintasbumi.com, adalah kedetailan poligon pada shp yang mungkin hanya 80 %. Ini bisa dimaklumni karena skala peta (mungkin) kecil, sehingga delineasi poligonnya juga tidak detail (ada generalisasi atau ada beberapa poligon/pulau yang tidak terdijit).

Berikut 11 kabupaten dengan ukuran mini di Indonesia :

1. Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu

10.1 Kepulauan Seribu | Buliran.com

Kabupaten ini berada di perairan Teluk Jakarta dan merupakan bagian dari Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Luas resmi daerah ini adalah 230,22 hektare dengan luas daratan yang hanya 1,078,3 ha atau 10,18 KM2.

Kabupaten Kepulauan Seribu dengan 23.340 jiwa penduduk (sensus 2020), memiliki 2 kecamatan dengan 6 kelurahan dan beribukota di Pulau Pramuka.

Baca Juga   10 Ribu Paket Sembako Disediakan untuk warga Pasaman yang Vaksin