Mau Jadi MC Handal? Ini Tips yang Harus Dikuasai

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Mc Oyong.jpg | Buliran.com

Satu hal yang patut kita sadari, bahwa publik dengan mudah akan menilai MC dari apa yang mereka lihat dari penampilan, bahasa tubuh, tatabusana, make up, cara berinteraksi, serta dari apa yang mereka dengar, seperti tatabahasa, pengucapan kata dan kalimat, dan wawasan.

Pernahkah kamu membayangkan jika seorang MC sedang memandu sebuah acara dengan kondisi lupa rundown serta gagap berbicara? Atau kamu pernah melihat busana yang dikenakan MC tidak sesuai dengan situasi acara?

Hal demikian adalah mimpi buruk seorang MC, namun kejadian janggal tersebut tidak berakhir seperti itu saja. Ada kalanya seorang MC saat berinteraksi dengan seorang tokoh di atas panggung, tidak bisa mengikuti arah pembicaraan. Tentu saja, hal demikian menjadi bahan cibiran dan tertawaan.

Bagaimana cara menghindari hal-hal yang ditakutkan seorang MC? Inilah beberapa tips yang akan kita kupas yang harus dimiliki MC handal:

1. Confident

Kepercayaan diri mutlak harus dibutuhkan seorang MC, karena harus berhadapan dengan publik baik dalam acara besar atau kecil, resmi atau tidak resmi, off-air maupun on-air. Hal ini akan membantu kita menguasai panggung dan audience serta memudahkan Anda berinteraksi dan mengatur jalannya acara.

2. Management’s Skill

Seorang MC yang baik memiliki kemampuan untuk memandu atau membawakan suatu acara dan tidak hanya sekadar terima tawaran, datang, dan beraksi. Kita juga harus mengetahui dengan detail apa acaranya, lokasinya seperti apa apa, siapa saja yang diundang, siapa tokoh atau pejabat yang akan hadir, siapa audience-nya, dan seperti apa rundown acara dari panitia atau penyelenggara acara.

Baca Juga   Anda Ingin Menempuh Perjalanan Jauh? Ikuti Tips Berikut