Mau Jadi MC Handal? Ini Tips yang Harus Dikuasai

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Mc Oyong.jpg | Buliran.com

PERNAHKAN kamu mengira jika tugas menjadi seorang Master of Ceremony (MC) itu terlihat mudah? Akui saja! Meskipun dugaan itu adalah sebuah kesalahan. Sebenarnya menjadi MC yang handal dibutuhkan keterampilan dan ilmu pengetahuan yang mendalam dan bisa dipelajari.

Persiapan yang memadai adalah salah satu kunci kesuksesan seorang MC sebagai bagian dari profesionalisme. Hal ini disebabkan MC harus mempersiapkan segalanya, seperti penampilan yang menarik hingga materi yang akan disampaikan.

MC profesional yang memiliki jam terbang tinggi umumnya lebih memiliki persiapan dibandingkan pemula. Ungkapan tersebut bukanlah jaminan untuk bisa menampilkan performa terbaik. Hal demikian wajar terjadi, karena berbagai faktor non teknis mungkin saja terjadi.

Namun, kita jangan pernah menyepelekan persiapan karena kunci keberhasilan menjadi MC tergantung dari persiapan yang kita lakukan. Semakin baik persiapan yang kita lakukan maka hasilnya akan semakin baik.

Ada kalanya kamu harus tahu kapan menolak dan menerima tawaran “perform” jika sudah menjadi seorang MC profesional. Seorang pemula, umumnya akan menerima semua tawaran yang datang. Alasan diterima kebanyakan untuk melatih jam terbang, serta ingin bisa tampil dan membuktikan bahwa dirinya adalah MC yang kompeten.

1. Oyong.jpg | Buliran.com

Kamu juga harus tahu bahwa dalam keadaan tertentu seorang MC juga boleh menolak tawaran yang datang kepadanya. Hal ini karena seorang MC profesional harus bisa memperhatikan tawaran atau permintaan. Kita harus memasang pola pikir bahwa penolakan bukan karena takut, tapi karena realistis. Ya, seperti itulah problematika dan dilematika kehidupan seorang MC yang menjadi pusat perhatian publik ketika memandu atau membawakan sebuah acara.

Baca Juga   Tips Jaga Data Pribadi Agar Tak Bocor